Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2023, 07:06 WIB
Diva Inggar Sabilillah,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi dengan ragi. 

Ketika kamu ingin membeli tempe, baik di pasar maupun di supermarket, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan tempe berkualitas bagus. 

Kualitas tempe yang bagus dapat mempengaruhi rasa tempe ketika diolah nanti.

Vicko Hadisatrya, Chef de Cuisine Hotel Fairmont Jakarta, membagikan 3 tips cara memilih tempe berkualitas bagus. 

Baca juga:

1. Jangan pilih tempe yang lembek dan berair

Vicko mengatakan bahwa ketika sedang memilih tempe, pastikan untuk selalu menekan badan tempe agar mengetahui tekstur tempe. 

“Tempe yang bagus itu dia tidak lembek dan tidak berair. Ketika tempe ditekan dan teksturnya keras, berarti tempe itu masih bagus,” ujar Vicko saat ditemui Kompas.com, Selasa (27/06/2023).

Jika tempe bertekstur lembek dan terlihat berair, berarti tempe itu sudah tidak bagus dan kurang layak untuk dikonsumsi. 

“Kita juga bisa tahu ketika tempe disentuh dan dia masih hangat, kemungkinan tempe itu juga masih segar,” lanjut Vicko.

2. Pilih tempe yang berwarna putih

Ilustrasi tempe, makanan yang mengandung probiotik dan prebiotikBintang_Galaxy Ilustrasi tempe, makanan yang mengandung probiotik dan prebiotik

Setelah memeriksa tubuh tempe lewat sentuhan, kamu harus perhatikan warna tempe, apakah putih segar atau tidak. Jika warnanya pucat, bisa dipastikan tempe tersebut sudah tidak segar.

Baca juga:

3. Pilih tempe yang terfermentasi dengan baik

Terakhir, hal yang harus diperhatikan, lanjut Vicko, adalah melihat apakah tempe tersebut sudah terfermentasi dengan baik atau belum. 

“Tempe yang terfermentasi dengan baik adalah ketika bagian serabut putihnya merata dan menyelimuti seluruh kedelai,” tutup Vicko. 

@my.foodplace ??Oseng Tahu Tempe dan Pindang Sambal?? Masih bingung sahur mau masak apa? Bikin menu ini aja yukk.. Ini tuh bumbunya sama, tapi bisa jadi 2 masakan, lho! Supaya lebih cepat, kamu bisa goreng tahu, tempe dan pindangnya di malam hari, jadi menjelang subuh tinggal masak sama bumbu deh.. Screenshoot resepnya ya ???? Oseng Tahu Tempe 6 siung bawang merah 3 siung bawang putih 5 buah cabai keriting merah 5 buah cabai keriting hijau 1 ruas jari lengkuas 2 buah daun salam Secukupnya gula Secukupnya garam Secukupnya penyedap Secukupnya lada 1 papan tempe 200 gram tahu Kacang panjang 4 sdm kecap manis Secukupnya air 2 sdm minyak Pindang Sambal: 6 siung bawang merah 3 siung bawang putih 5 buah cabai keriting merah 5 buah cabai keriting hijau 1 ruas jari lengkuas 2 buah daun salam Secukupnya gula Secukupnya garam Secukupnya penyedap Secukupnya lada Secukupnya air 2 sdm minyak goreng 500 gram pindang #serunyakulinerbareng #menusahur #sahurpraktis #sahursimple #masaksahur #sahurmasakapa #reseptiktok #masakanrumahan #sahursehat ? Rindu Muhammadku

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com