Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Halte ke Halte Rilis Buku Rekomendasi Kuliner di Jakarta 

Kompas.com - 26/06/2023, 18:06 WIB
Diva Inggar Sabilillah,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Akun media sosial resmi @drhaltekehalte Dari Halte ke Halte, merilis buku rekomendasi kuliner di Jakarta yang berjudul Ngider Makan Dari Halte ke Halte.

Perilisan buku ini diadakan pada acara bincang buku sekaligus berbarengan dengan pajang karya Ngobrolin Ngider Makan Dari Halte ke Halte yang diadakan di Galeri Nasional Jakarta, Kamis (22/06/2023). 

Dari Halte ke Halte bekerja sama dengan Jakarta Food Sketchers sebagai ilustrator gambar makanan pada buku ini dan penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Dari Halte ke Halte pertama kali muncul ke permukaan lewat media sosial Twitter pada 2019 yang diinisiasi oleh Rio dan Bowo. 

Mereka memberikan rekomendasi kuliner menarik khas Nusantara yang mudah dijangkau dengan transportasi umum.

Tidak hanya rekomendasi kuliner di Jakarta saja, melainkan ada juga rekomendasi kuliner di kota lain, seperti Bandung, Solo, dan Yogyakarta. 

Baca juga:

Buku Ngider Makan dari Halte ke Halte yang dipajang dalam Pameran Pajang Karya Ngider Makan dengan GambarKOMPAS.com/Diva Inggar Sabilillah Buku Ngider Makan dari Halte ke Halte yang dipajang dalam Pameran Pajang Karya Ngider Makan dengan Gambar

Kepiawaian para admin berinteraksi dan berdiskusi dengan para HalTeman, sebutan bagi pengikut Dari Halte Ke Halte, membuat akun ini terus berkembang hingga mencapai lebih dari 100 ribu pengikut baik di Twitter maupun Instagram. 

“Sebenarnya kami ingin merepresentasikan Jakarta lewat adanya buku ini. Kami menyadari bahwa Jakarta itu merupakan kota yang menjadi pertemuan dari kuliner Indonesia, seperti makanan Manado, Aceh, dan Sunda, kita dapat dengan mudah menemukan berbagai kuliner khas Nusantara yang enak-enak di Jakarta,” ujar Rio saat ditemui KOMPAS.com, Kamis (22/06/2023).

Bowo menambahkan, adanya buku ini berawal dari permintaan sebagian HalTeman untuk membuat versi cetak rekomendasi kuliner yang dibagikan Dari Halte ke Halte di media sosial. 

Baca juga:

Suasana bincang buku bersama Dari Halte Ke Halte dan Jakarta Food SketchersKOMPAS.com/Diva Inggar Sabilillah Suasana bincang buku bersama Dari Halte Ke Halte dan Jakarta Food Sketchers

Salah satu pengikut mereka ada yang memberi informasi kepada HalteMin, julukan admin Dari Halte ke Halte, bahwa ada salah satu food sketchers bernama Beng Rahadian yang sedang mencari akun khusus membahas kuliner di Jakarta. 

Kemudian, HalteMan tersebut memberitahu bahwa ada akun bernama Dari Halte ke Halte yang sering membagikan rekomendasi kuliner di Jakarta kepada khalayak luas.

Baca juga:

Karya ilustrasi makanan pada buku Ngider Makan dari Halte ke Halte yang digambar oleh Jakarta Food SketchersKOMPAS.com/Diva Inggar Sabilillah Karya ilustrasi makanan pada buku Ngider Makan dari Halte ke Halte yang digambar oleh Jakarta Food Sketchers

Beng Rahadian turut mengajak ilustrator lain, yaitu Yanita Indrawati dan Arya Ramaniya, untuk menyukseskan buku Ngider Makan dari Halte ke Halte

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com