Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Makan Rebung, Bisa Turunkan Kadar Kolesterol

Kompas.com - 22/11/2022, 15:08 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rebung ialah bagian pucuk tanaman bambu yang dapat diolah menjadi makanan. Bentuknya serupa kerucut dan bagian luarnya ditumbuhi rambut halus. 

Di dalam buku "Mengenal Tanaman Berkhasiat: Lengkuas-Rebung" (2015) karya Akhdaan-Shevira terbitan Balai Pustaka menjelaskan ciri fisik bambu lainnya yang dapat dilihat seperti  daun berbentuk tombak, bunga warna putih, batang berongga, dan beruas. 

Dikutip dari Healthline, saat ini diperkirakan ada sekitar 1.500 spesies bambu di dunia. Dua spesies bambu paling umum yang biasa diolah menjadi masakan yaitu Bambusa vulgaris. dan Phyllostachys edulis.

Bagian luar bambu punya tekstur kayu yang cukup tebal dan keras, sehingga susah saat dikunyah. Oleh karena itu, bagian tersebut biasanya dibuang sebelum rebung dimasak.

Selain ditemui dalam keadaan masih segar dari pohon, rebung juga dapat ditemui dalam bentuk sudah kering dan dikemas dalam kemasan kaleng.

Ada beragam cara memasak rebung yang biasa dilakukan, seperti ditumis, dimasak dengan bumbu kari, hingga dicampur bersama sup ataupun gulai.

Tidak hanya lezat disantap, rebung juga mengandung banya manfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca juga:

1. Menurunkan kadar kolesterol

Sebuah penelitian pada 2020 dalam laman National Library of Medicine tentang "The potential cholesterol-lowering and prebiotic effects of bamboo shoot dietary fibers and their structural characteristics"  yang dilakukan oleh Weijie Wu dkk menemukan serat yang diekstraksi dari rebung memiliki khasiat penurun kolesterol yang kuat.

Masih di laman National Library of Medicine, pada 2009 Eun-Jin Park dan Deok-Young Jhon juga melakukan penelitian mengenai "Effects of bamboo shoot consumption on lipid profiles and bowel function in healthy young women".

Hasilnya menunjukkan kadar kolesterol total dari delapan wanita sehat yang mengonsumsi 360 gram rebung secara signifikan turun setelah enam hari.

Hasil ini dinilai lebih baik dibanding dengan mereka mengikuti diet kontrol. 

Ilustrasi rebung setelah direbus dan diiris tipis. PIXABAY/ Yung-pin Pao Ilustrasi rebung setelah direbus dan diiris tipis.

2. Meningkatkan kesehatan usus

Berdasarkan data dari U.S Department Of Agriculture, kandungan serat yang terdapat di dalam 100 gram porsi rebung yaitu sekitar 1,4 gram.

Tubuh sangat memerlukan serat untuk menjaga keteraturan saluran pencernaan agar terhindar dari berbagai penyakit seperti wasir, divertikulitis, dan kanker kolorektal.

Hal tersebut dijelaskan pada National Library of Medicine tentang "High Fiber" yang dilakukan oleh Aelia Akbar dan Aparna P.Shreenath pada 2022.

Selain itu, rebung juga berperan sebagai prebiotik pada tubuh, artinya kandungan yang ada pada rebung dapat menyediakan bahan bakar untuk bakteri menguntungkan di usus manusia.

Penelitian mengenai hal ini telah dilakukan oleh Guang-Jing Chen pada 2020 dengan judul "Comparisons of prebiotic activity of polysaccharides from shoot residues of bamboo (Chimonobambusa quadrangularis) via different ethanol concentrations" di laman National Library of Medicine.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com