Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Tips Masak Woku Belanga Asli Manado, Pilih Ikan Daging Putih

Kompas.com - 03/11/2022, 19:33 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Woku belanga ialah olahan ikan ataupun ayam khas Manado yang dimasak dengan tungku tanah liat bernama dodika.

Proses memasak woku belanga melibatkan banyak bumbu dan rempah, setidaknya ada sekitar 17 jenis bumbu dapur yang digunakan untuk mendapatkan citra rasa pedas, asam, dan gurih.

Beberapa rempah dan bumbu yang digunakan di antaranya yaitu cabai merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, daun kemangi, dan daun pandan.

Chef sekaligus pemilik usaha woku belanga Dodika Elliyawati Baso mengatakan cara membuat woku belanga termasuk mudah. Simak dua tips membuat woku belanga asli Manado dari Elli berikut.

Baca juga:

1. Pilih ikan daging putih

Woku belanga dapat dibuat dari ikan ataupun ayam, tetapi masyarakat Manado lebih sering mengolah ikan karena ketersediaan sumber daya alam yang memumpuni.

Dari banyaknya ikan di perairan Manado, tidak semua jenis ikan cocok diolah menjadi sajian woku belanga.

"Pilih ikan yang dagingnya putih, bisa pakai ikan kakap, ikan ekor kuning, ikan bawal, dan ikan kuwe," kata Elli saat ditemui oleh Kompas.com saat acara Festival Jajanan Bango 2022 di Plaza Timur Gelora Bung Karno pada Sabtu (29/10/2022).

Menurut Elli, ikan daging putih dapat menyerap bumbu lebih baik dibanding ikan biasa, sehingga rasa ikan yang dihasilkan saat dicampur bersama bumbu masak pun akan lebih lezat.

Baca juga:

Sajian ikan bakar untuk campuran bumbu woku belanga di acara Festival Jajanan Bango 2022.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Sajian ikan bakar untuk campuran bumbu woku belanga di acara Festival Jajanan Bango 2022.

2. Bumbu harus masak

Kunci utama membuat bumbu woku belanga yaitu memastikan bumbu yang digunakan benar-benar matang.

"Bumbunya harus masak sempurna, termasuk daun-daunnya seperti daun pandan dan kemangi," katanya.

Bumbu woku yang sudah matang dapat dilihat dari ciri ciri fisik seperti warnanya sudah agak gelap, warna merah pada cabai nampak cerah dan segar, serta bumbu sudah mengeluarkan minyak.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com