Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Woku Belanga, Kuliner Asam Pedas Khas Manado?

Kompas.com - 03/11/2022, 17:06 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Woku merupakan masakan Manado yang melibatkan beragam bumbu seperti cabai, bawang merah, kunyit, jahe, daun jeruk, dan daun bawang.

Chef sekaligus pemilik usaha Wokubelanga Dodika Elliyawati Baso menjelaskan kata "woku" di Manado berarti "masak".

Menurutnya penggunaan kata "woku" di Manado dulunya berasal dari pengaruh China yang menggunakan wok sebagai alat memasak. 

Ada dua jenis sajian woku yang umum ditemukan, yakni woku daun dan woku belanga.

Dikutip dari laman Kompas.com yang tayang pada (30/08/2021), woku daun melibatkan daun untuk menampung bahan yang akan dimasak, sedangkan woku belanga menggunakan wadah  dari tanah liat.

"Secara tradisional, woku belanga itu dimasak pakai tungku dari tanah, namanya dodika," kata Elli saat ditemui oleh Kompas.com saat acara Festival Jajanan Bango 2022 di Plaza Timur Gelora Bung Karno pada Sabtu (29/10/2022). 

Lebih lanjut dijelaskan bahwa woku belanga sederhananya merupakan ikan atau ayam yang dimasak bersama 17 macam bumbu dan berbagai jenis daun. 

Seporsi woku belanga terdiri dari potongan ikan atau ayam yang diaduk bersama bumbu yang sudah berminyak, dan biasanya disantap sebagai lauk bersama nasi putih hangat.

Baca juga:

Cara membuat woku belanga

Bumbu woku belanga di acara Festival Jajanan Bango 2022.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Bumbu woku belanga di acara Festival Jajanan Bango 2022.

Woku belanga termasuk makanan yang cukup mudah dibuat. Bahan utama yang dibutuhkan seperti potong daging ikan ataupun ayam, daun pandan, daun kemangi, dan 17 macam bumbu khas Manado.

"Pertama-tama siapin bumbunya (bumbu masak), seperti cabai, bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, daun pandan, dan kemangi," katanya.

Sembari menyiapkan bumbu masak, marinasi ikan ataupun ayam terlebih dahulu kemudian  dikukus dengan sedikit air dan dibakar.

Bumbu yang digunakan untuk campuran lauk dimasak di dalam wajan menggunakan api kecil hingga matang dan keluar minyak, setelah itu baru dicampur dengan lauk. 

"Dia pakai metode memasak shallow cooking, setelah bumbu matang, dan ikan selesai disteam di dalam dodika, bakar ikan lalu campur bersama bumbu masak," katanya. 

Seporsi woku belanga punya cita rasa dominan asam dan pedas karena menggunakan tambahan cabai merah, lemon ataupun belimbing sayur. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com