Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kuliner Legendaris Nusantara, untuk yang Terlewat Festival Jajanan Bango 2022

Kompas.com - 01/11/2022, 18:10 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Festival Jajanan Bango (FJB) merupakan acara kuliner tahunan yang diselenggarakan dalam rangka memperkenalkan kuliner daerah serta memajukan UMKM kuliner daerah di Indonesia.

Pada perhelatan Festival Jajanan Bango 2022 kali ini menghadirkan sekitar 90 gerai makanan daerah yang dikelompokkan berdasarkan pulau daerah asalnya. Di antaranya yaitu makanan dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, dan Indonesia Timur.

Salah satu keistimewaan acara Festival Jajanan Bango 2022 yaitu makanan yang dijajakan umumnya merupakan makanan legendaris dan sudah jarang ditemukan.

Apabila kamu tidak sempat mampir ke FJB 2022, kamu bisa menemui beberapa kuliner legendaris langsung di gerai aslinya. 

Baca juga:

1. Sate Kuah Pontianak Bang Anek

Sate kuah pontianak merupakan salah satu kuliner legendaris yang cukup ramai dihampiri pengunjung Festival Jajanan Bango 2022 pada hari pertama.

Selain karena bentuk dan cara penyajiannya yang unik, sate kuah pontianak punya rasa yang lezat.

Sate kuah pontianak terdiri dari daging sapi dan ayam yang ditusuk dan dibakar dengan bumbu, kemudian disajikan bersama potongan lontong, siraman kuah kacang, kuah kaldu, irisan daun bawang, dan perasan jeruk sonkit.

Sate ayam dan daging sapi di sini rasanya cukup manis karena dibakar bersama saus kacang dan tambahan kecap manis. Perpaduan kuah kaldu yang light, bumbu kacang, dan perasan jeruk sonkit menjadikan sate kuah terasa lebih segar dan ringan.

Lokasinya aada di Jalan Danau Sunter Nomor 7, RT 11/RW 12, Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Harga seporsi Sate Kuah Pontianak Bang Anek berkisar mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 50.000. Kamu bisa berkunjung ke sini setiap hari mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

2. Sop Konro Karebosi

Mampir ke barisan makanan dari Sulawesi tak lengkap rasanya bila belum mencicipi Konro. Konro merupakan olahan iga sapi dari Makassar yang dibakar bersama bumbu khusus dan disajikan dengan kuah kaldu.

Sekilas konro nampak seperti daging iga bakar biasa, akan tetapi rasa nikmat dari daging iga yang lembut karena termarinasi sempurna akan terasa saat suapan pertama dicicipi.

Seporsi konro kuah karebosi di sini terdiri dari dua potong iga sapi yang disajikan bersama seporsi nasi putih hangat dan kuah. Hidangan ini nikmat disantap dengan tambahan cabai merah. 

Sop konro karebosi juga dapat kamu temui di Jakarta, tepatnya ada di Jalan Boulevard Raya, Kelapa Gading Timur, Kota Jakarta Utara.

Harga makanan dan minuman di sini berkisar mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 78.000. Kamu dapat berkunjung ke sini setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Baca juga: Resep Sop Konro Iga Bakar, Makan Siang Spesial ala Restoran 

Baca juga:

3. Sate Rembiga Hj Sinnaseh

Melipir ke area kuliner dari Indonesia Timur, terdapat sajian sate yang menarik perhatian karena disajikan denga kuah berwarna cokelat kemerah-merahan. 

Namanya sate rembiga, kuliner khas Lombok, Nusa Tenggara Barat. Daging yang digunakan untuk membuat sate rembiga yaitu daging sapi bagian lulur yang dimarinasi bersama aneka bumbu sehingga menghasilkan rasa sate yang cukup pedas.

Sate rembiga Hj Sinnaseh langsung datang dari tanah NTB, tepatnya ada di Jalan Dr. Wahidin Nomor 11B, Rembiga, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Apabila kamu mampir ke NTB, tidak ada salahnya melipir ke Sate Rembiga Hj Sinnaseh. Harga sate di sini berkisar mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 25.000.

Sate Rembiga Hj Sinnaseh buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 22.00 Wita.

Baca juga: Apa Itu Sate Rembiga, Sate Daging Pedas Khas Lombok?

4. Bubur Ase

Bubur ase khas Betawi. Dok. Shutterstock/Indah Widiastuti Bubur ase khas Betawi.

Bubur Ase merupakan salah satu kuliner khas Betawi yang keberadaannya mulai langka Seporsi bubur ase terdiri dri  bubur putih yang disajikan bersama kuah semur dan tambahan sayuran seperti taoge.

Penambahan kuah semur pada bubur di sini membuat rasa bubur ase terasa manis. Hidangan ini disantap dengantambahan emping dan kerupuk merah.

Jika biasanya bubur disantap pada pagi hari, maka lain halnya dengan bubur ase yang dapat dimakan kapanpun oleh orang suku Betawi.

Gerai Bubur Ase Bang lopi berada Pasar Gandaria, Jalan Kebon Kacang 9 Nomor, Tanah Abang,  Jakarta Pusat.

Gerai Bubur Ase Bang Lopi buka setiap hari mulai pukul 06.00-12.00 WIB. Harga seporsi bubur ase di sini yakni Rp 15.000.

Baca juga: Resep Bubur Ase Khas Betawi, Sajian Sarapan Istimewa

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com