Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Kuliner Legendaris Nusantara, untuk yang Terlewat Festival Jajanan Bango 2022

KOMPAS.com - Festival Jajanan Bango (FJB) merupakan acara kuliner tahunan yang diselenggarakan dalam rangka memperkenalkan kuliner daerah serta memajukan UMKM kuliner daerah di Indonesia.

Pada perhelatan Festival Jajanan Bango 2022 kali ini menghadirkan sekitar 90 gerai makanan daerah yang dikelompokkan berdasarkan pulau daerah asalnya. Di antaranya yaitu makanan dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, dan Indonesia Timur.

Salah satu keistimewaan acara Festival Jajanan Bango 2022 yaitu makanan yang dijajakan umumnya merupakan makanan legendaris dan sudah jarang ditemukan.

Apabila kamu tidak sempat mampir ke FJB 2022, kamu bisa menemui beberapa kuliner legendaris langsung di gerai aslinya. 

  • Sejarah Perkembangan Kuliner Indonesia, Banyak Pengaruh dari Luar
  • Resep Sate Kerang Khas Jawa Timur, Tidak Bau dan Bumbu Meresap

1. Sate Kuah Pontianak Bang Anek

Sate kuah pontianak merupakan salah satu kuliner legendaris yang cukup ramai dihampiri pengunjung Festival Jajanan Bango 2022 pada hari pertama.

Selain karena bentuk dan cara penyajiannya yang unik, sate kuah pontianak punya rasa yang lezat.

Sate kuah pontianak terdiri dari daging sapi dan ayam yang ditusuk dan dibakar dengan bumbu, kemudian disajikan bersama potongan lontong, siraman kuah kacang, kuah kaldu, irisan daun bawang, dan perasan jeruk sonkit.

Sate ayam dan daging sapi di sini rasanya cukup manis karena dibakar bersama saus kacang dan tambahan kecap manis. Perpaduan kuah kaldu yang light, bumbu kacang, dan perasan jeruk sonkit menjadikan sate kuah terasa lebih segar dan ringan.

Lokasinya aada di Jalan Danau Sunter Nomor 7, RT 11/RW 12, Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Harga seporsi Sate Kuah Pontianak Bang Anek berkisar mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 50.000. Kamu bisa berkunjung ke sini setiap hari mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

2. Sop Konro Karebosi

Mampir ke barisan makanan dari Sulawesi tak lengkap rasanya bila belum mencicipi Konro. Konro merupakan olahan iga sapi dari Makassar yang dibakar bersama bumbu khusus dan disajikan dengan kuah kaldu.

Sekilas konro nampak seperti daging iga bakar biasa, akan tetapi rasa nikmat dari daging iga yang lembut karena termarinasi sempurna akan terasa saat suapan pertama dicicipi.

Seporsi konro kuah karebosi di sini terdiri dari dua potong iga sapi yang disajikan bersama seporsi nasi putih hangat dan kuah. Hidangan ini nikmat disantap dengan tambahan cabai merah. 

Sop konro karebosi juga dapat kamu temui di Jakarta, tepatnya ada di Jalan Boulevard Raya, Kelapa Gading Timur, Kota Jakarta Utara.

Harga makanan dan minuman di sini berkisar mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 78.000. Kamu dapat berkunjung ke sini setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

  • Resep Konro Bakar Makassar, Olahan Iga yang Nikmat
  • Resep Sop Konro Khas Makassar, Cocok untuk Santapan Idul Adha

3. Sate Rembiga Hj Sinnaseh

Melipir ke area kuliner dari Indonesia Timur, terdapat sajian sate yang menarik perhatian karena disajikan denga kuah berwarna cokelat kemerah-merahan. 

Namanya sate rembiga, kuliner khas Lombok, Nusa Tenggara Barat. Daging yang digunakan untuk membuat sate rembiga yaitu daging sapi bagian lulur yang dimarinasi bersama aneka bumbu sehingga menghasilkan rasa sate yang cukup pedas.

Sate rembiga Hj Sinnaseh langsung datang dari tanah NTB, tepatnya ada di Jalan Dr. Wahidin Nomor 11B, Rembiga, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Apabila kamu mampir ke NTB, tidak ada salahnya melipir ke Sate Rembiga Hj Sinnaseh. Harga sate di sini berkisar mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 25.000.

Sate Rembiga Hj Sinnaseh buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 22.00 Wita.

Bubur Ase merupakan salah satu kuliner khas Betawi yang keberadaannya mulai langka Seporsi bubur ase terdiri dri  bubur putih yang disajikan bersama kuah semur dan tambahan sayuran seperti taoge.

Penambahan kuah semur pada bubur di sini membuat rasa bubur ase terasa manis. Hidangan ini disantap dengantambahan emping dan kerupuk merah.

Jika biasanya bubur disantap pada pagi hari, maka lain halnya dengan bubur ase yang dapat dimakan kapanpun oleh orang suku Betawi.

Gerai Bubur Ase Bang lopi berada Pasar Gandaria, Jalan Kebon Kacang 9 Nomor, Tanah Abang,  Jakarta Pusat.

Gerai Bubur Ase Bang Lopi buka setiap hari mulai pukul 06.00-12.00 WIB. Harga seporsi bubur ase di sini yakni Rp 15.000.


5. Es pisang ijo

Setelah lelah berkeliling di area kuliner Sumatera dan Jawa yang cukup panas, pilihan melipir ke kuliner Sulawesi adalah keputusan yang tepat, karena di sana terdapat tenan es pisang ijo yang cukup ramai dikunjungi.

Namanya Es Pisang Ijo Pemuda, di sini kamu akan mendapati sepersi es pisang ijo lengkap dengan mutiara merah, serutan es, dan siraman sirup. Harganya Rp28.000 per porsi.

Gerai Es Pisang Ijo Pemuda dapat ditemui diJakarta tepatnya di Jalan Boulevard Raya Blok FY 1 Nomor 4, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Gerai Es Pisang Ijo Pemuda buka setiap hari mulai pukul 11.00-22.30 WIB. Harga seporsi es pisang ijo di gerai berkisar mulai dari Rp 28.000 hingga Rp 32.000.

6. Siomay Prijaji

Bila ingin mencicipi makanan tapi tidak ingin cepat kenyang, maka siomay adalah solusinya. Siomay Prijaji di Festival Jajanan Bango 2022 menghadirkan siomay ikan tenggiri, lengkap dengan suas kacang dan sambal merah pedasnya.

Seporsi Siomay Priaji terdiri dari empat hingga lima potong siomay dan dibanderol seharga Rp 20.000.

Di Jakarta, Siomay Prijaji berlokasi di Jalan Tebet Raya Nomor 32B, Jakarta Selatan.

Gerai Siomay Prijaji buka setiap hari Senin hingga Sabtu mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Khusus hari Senin gerai ini buka mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Martabak Kubang merupakan jajanan khas dari daerah Sumatera Barat, tepatnya di nagari Kubang. 

Martabak kubang di sini berisi campuran telur, daging rendang, dan daun bawang yang dibalut bersama kulit martabak, sehingga menghasilkan bentuk martabak yang padat dan mengenyangkan.

Di luar acara Festival Jajanan Bango 2022, Martabak Kubang Hayuda dapat ditemukan di Jalan Profesor Dr. Saharjo, Nomor 86, Jakarta Selatan.

Harga seporsi Martabak Kubang Saharjo berkisar mulai dari Rp 35.000 hingga Rp 70.000. Gerai ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 11.00-22.00 WIB. Khusus hari Jumat gerai ini buka mulai pukul 12.30 WIB.


8. Nasi Pedas Bali Made

Nasi pedas bali made ialah pilihan yang tepat bila ingin menikmati makanan khas Bali. Terdapat banyak ragam lauk dan sayur yang disajikan di Nasi Pede Bali Made, di antaranya ada ayam suwir, tempe orek, kentang goreng pedas, cakalang suwir, dan cumi asin.

Tak lupa aneka sambal pedas seperti sambal merah dan sambal marah khas Bali.

Seporsi nasi pede bali di sini harganya Rp 50.000, dan harga ini sudah termasuk tiga jenis lauk dan satu jenis sayuran yang bebas dipilih sesuai selera.

Nasi Pedas Bali Made di Jakarta berlokasi di Ruko Elang Laut, Blok D, Nomor 41, Jalan Pantai Indah Selatan I, Panti Indah Kapuk, Pejaringan, Jakarta Utara. Gerai ini buka setiap hari mulai pukul 10.00-22.00 WIB.

Nasi Liwet Wongo Lemu bisa jadi alternatif makanan pengunjung yang ingin makan siang tapi takut tidak cocok dengan makanan yang terdengar asing.

Nasi Liwet Wongso Lemu di sini menyediakan nasi putih dan aneka laut olahan ayam, mulai dari daging ayam, telur ayam, jeroan ayam, hingga leher dan kepala ayam. 

Selain itu juga ada sayur labu siam kuah sebagai teman pelengkap lauk. Harga seporsi nasi liwet di dini mulai dari Rp20.000, ini nantinya disesuaikan dengan jenis lauk yang dipilih.

Nasi Liwet Wongso Lemu ini datang langsung dari daerah Jawa Tengah, tepatnya ada di Jalan Teuku Umar, Solo, Jawa Tengah.

Apabila kamu berkunjung ke Kota Surakartam tidak ada salahnya mampir ke gerai Nasi Liwet Wongsu Lemu, tempat ini buka setiap hari mulai pukul 16.00-01.00 WIB.

Harga makanan di sini berkisar mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 36.000.

10. Lontong Balap Asli Pak Gendut Surabaya

Pernah mendengar lontong balap? makanan ini cukup terkenal di daerah Surabaya. Seporsi lontong balap terdiri dari potongan lontong dan taoge yang disiram bumbu petis.

Konon katanya, pemberian nama "lontong balap" pada hidangaan ini diambil dari cara jualan penjaja lontong di Surabaya yang kerap beriringan, sehingga nampak seperti sedang balapan.

Seporsi lontong balap porsinya cukup besar dan dihargai Rp 30.000. 

Lontong balap yang hadir di Festival Jajanan Bango 2022 langsung datang dari Surabaya. Apabila kamu berkunjung ke Surabaya, coba mampir ke gerai Lontong Balap Asli Pak Gendut.

Lokasinya ada di Jalan Embong Malang, Nomor 38, Genteng, Surabaya, Jawa Timur. Gerai ini buka setiap hari mulai pukul 07.00- 23.00 WIB.

Harga seporsi lontong balap di sini berkisar mulai dari Rp 16.000.

https://www.kompas.com/food/read/2022/11/01/181000875/10-kuliner-legendaris-nusantara-untuk-yang-terlewat-festival-jajanan-bango

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke