Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Brownies Panggang Rasa Kopi, Lembut dan Matangnya Merata

Kompas.com - 07/09/2022, 09:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Sedang ingin membuat menu camilan dengan alat dan bahan simpel di rumah? Kamu bias mengikuti resep brownies panggang pakai teflon sebagai pengganti loyang. berikut ini. 

Ada pun bahannya bisa kamu beli di toko kelontong terdekat. Pada resep brownies ini menggunakan cast iron skillet atau teflon dari material besi cor yang tebal sebagai wadah saat memanggangnya di oven.

Namun kalau kamu tidak memilikinya, kamu bisa menggunakan teflon tipis dengan api kecil pada proses memanggang agar matang sempurna. 

Simak cara membuat brownies teflon lembut dilansir dari laman SouthernLiving

Baca juga:

Resep brownies teflon

Bahan 

  • 127 gram mentega tawar
  • 275 gram irisan cokelat batang
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sdm kopi cair
  • 2 sdt kopi bubuk instan
  • 1 sdt baking powder
  • 2 butir telur besar
  • 1/4 sdt garam
  • 35 gram ditambah 1 sendok makan tepung serbaguna
  • Es krim vanila secukupnya, untuk topping

Cara membuat brownies teflon

  1. Panaskan oven dengan suhu sekitar 176 derajat celsius atau hingga panas. Olesi teflon dengan satu sendok makan mentega.
  2. Siapkan wadah bersih, tambahkan irisan cokelat dan mentega kemudian lelehkan ke dalam microwave dengan suhu sedang. Dinginkan selama lima menit, tuang gula pasir, vanila, telur, dan kopi instan. Kocok hingga semuanya menyatu.
  3. Kocok bersama baking powder, garam, dan cangkir tepung ke dalam mangkuk. Masukkan adonan cokelat dan aduk hingga semuanya rata. Aduk dan potong cokelat dan satu sendok makan tepung. Aduk dengan cara lipat-lipat adonan.
  4. Tuang adonan ke dalam telfon dan panggang dalam oven selama 19 menit hingga 25 menit tergantung ukuran dari teflon yang digunakan.
  5. Kalau sudah matang, keluarkan dari oven, dan biarkan dingin selama lima menit. Hidangkan brownies panggang dengan es krim vanila.
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com