Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Restoran Aceh Buka di Benhil, Andalannya Ayam Tangkap dan Kari Kambing

Kompas.com - 18/08/2022, 17:08 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Pilihan restoran masakan nusantara di Bendungan Hilir (Benhil), Jakarta Pusat, bertambah lagi. Ada restoran aceh bernama Kanabu Resto yangbaru buka dan beralamat di Jalan Bendungan Hilir Nomor 44A. 

"Kami ingin membawa cita rasa masakan Aceh asli ke Ibukota. Kanabu hadir untuk mengobati rasa rindu masyarakat Jabodetabek dengan makanan khas Aceh," kata Store Manager Kanabu, Teuku Fitriansyah saat acara pembukaan Minggu (14/8/2022). 

Baca juga:

Ia menjelaskan dalam Bahasa Aceh, kana berarti sudah tersedia  dan bu berarti nasi. Ada dua makanan spesial atau andalan di Kanabu Resto, yaitu ayam tangkap dan kari kambing. 

"Dua makanan ini sebenarnya sudah lazim ditemui di restoran di Aceh, tetapi bagi perantau makanan ini masih sulit ditemui di restoran," kata Teuku. 

Ayam tangkap di Kanabu Resto menggunakan potongan ayam pejantan, dengan ukuran potong empat sehingga cocok untuk porsi makan satu orang. 

Sementara kari kambing dimasak menggunakan wajan super besar, yang sekali masak bisa menampung 30-40 kilogram daging kambing serta 100 liter kuah. 

Kari kambing di Kanabu Resto. Kompas.com/Silvita Agmasari Kari kambing di Kanabu Resto.

"Kami pakai rempah asli aceh semuanya, seperti kari kambing ada 20 rempah yang digunakan. Ayam tangkap pakai daun kari atau daun temurui," jelas Teuku. 

Selain ayam tangkap dan kari kambing, Kanabu Resto juga menawarkan sajian khas Aceh lain seperti Daging Tangkap, Kari Bebek, Ikan Kayu (Keumamah) dan Sambal Ganja.

Sambal Ganja berbahan dasar cabai, belimbing wuluh, cawang merah, garam, jeruk nipis, dan udang. Meski namanya sambal ganja, tetapi tidak ada kandungan ganja pada sambal ini.

Baca juga:

 

Sambal ganja di Kanabu RestoKompas.com/Silvita Agmasari Sambal ganja di Kanabu Resto

Dari percobaan Kompas.com, ayam tangkap, kari kambing, dan sambal tangkap di Kanabu Resto memang jadi unggulan. Ketiganya punya rasa rempah yang menyerap dengan baik. Cocok disantap dengan nasi putih hangat. 

Harga satu potong ayam tangkap di Kanabu Resto Rp 35.000, sementara seporsi kari kambing yang dagingnya lumayan banyak dihargai Rp 45.000. 

Selain bersantap, pengunjung juga dapat berfoto di anjungan foto dengan berpakaian pengantin ala Aceh di restoran ini. 

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com