Kompas.com - 19/07/2020, 16:16 WIB
Ilustrasi sie reboh, kari daging sapi pedas. SHUTTERSTOCK/FRANS DELIANIlustrasi sie reboh, kari daging sapi pedas.

KOMPAS.com - Aceh punya beragam kuliner khas yang patut dicoba, mulai dari kopi sanger, mi Aceh, sampai ayam tangkap.

Baca juga: Menjajal Gurihnya Mi Kepiting Pakwa Din, Kuliner di Lhokseumawe Aceh

Makanan khas Aceh ini bercita rasa nikmat dan punya keunikan masing-masing. Misalnya cara membuat kopi sanger yang menggunakan saringan kerucut.

Selain menikmati kelezatan kuliner Aceh, kamu juga bisa mengulik cerita di balik kuliner itu. Berikut 10 kuliner khas Aceh yang wajib kamu cicipi :

1. Kopi sanger

Kopi Sanger (kanan) dan Kopi Sanger Avocado (kiri), dua varian kopi favorit di Roti Gempol & Kopi Anjis!!!KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Kopi Sanger (kanan) dan Kopi Sanger Avocado (kiri), dua varian kopi favorit di Roti Gempol & Kopi Anjis!!!

Para pencinta kopi susu, cobalah kopi tradisional khas Aceh satu ini. Rasa kopi sanger berbeda dengan kopi susu pada umumnya.

Kopi sanger adalah perpaduan dari kopi hitam yang dicampur dengan susu kental manis, dan gula. Cara membuat kopi sanger yang unik menjadi hiburan tersendiri bagi penikmatnya.

Kopi hitam akan disaring dengan saringan berbentuk kerucut yang kemudian di tarik ke atas layaknya membuat teh ataupun kopi tarik.

Walaupun kopi hitam dicampurkan dengan susu lalu gula, rasanya tetap kuat dan tidak terlalu manis.

2. Mi Aceh

Ilustrasi mi Aceh. SHUTTERSTOCK/RIZA AZHARI Ilustrasi mi Aceh.

Mi satu ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat di luar kota Aceh. Mi Aceh disajikan dengan dua cara yaitu kuah dan goreng. Keduanya sama-sama memiliki cita rasa yang pedas.

Mi Aceh memiliki tekstur mi yang berbeda, berbentuk seperti spagheti atau mirip dengan mi lidi.

Mi Aceh yang kemudian dicampur dengan berbagai macam rempah khas Aceh, kemudian ditambahkan dengan sayuran taoge dan lauk.

Ada mi Aceh yang dimasak dengan daging daging sapi, seafood, dan masih banyak lagi.

3. Sie reboh

Pada bahasa Aceh sie reboh memiliki arti daging rebus.

Sie reboh adalah masakan berbahan dasar daging sapi yang direbus dengan santan dan bumbu lainnya. Seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah, merica, dan masih banyak lagi.

Tekstur daging sie reboh ini empuk dan rasanya kaya akan rempah.

4. Sayur pliek u

Ilustrasi sayur pliek u, kuliner khas Aceh. Mirip seperti gulai dengan isian sayuran. SHUTTERSTOCK/TANISHARPL Ilustrasi sayur pliek u, kuliner khas Aceh. Mirip seperti gulai dengan isian sayuran.

Sayur pliek u atau disebut kuwah pliek u khas Aceh ini sudah mulai jarang ditemukan. Sayur pliek u ini juga menjadi menu wajib dalam setiap hajatan yang diadakan masyarakat Aceh.

Sayur pliek u atau kuwah pliek u adalah sajian sejenis gulai namun terbuat dari ragam sayur dan rempah-rempah yang dimasak bersama. Pliek u sendiri adalah kelapa yang sudah difermentasi.

5. Ayam tangkap

Ilustrasi ayam tangkap, kuliner khas Aceh berupa ayam digoreng dengan berbagai rempah. SHUTTERSTOCK/ADIE.FOODTOGRAPHY Ilustrasi ayam tangkap, kuliner khas Aceh berupa ayam digoreng dengan berbagai rempah.

Ayam tangkap adalah sajian dari ayam kampung yang digoreng dengan berbagai macam rempah dan bumbu. Contohnya seperti daun kari, daun pandan, daun temurui atau daun salam koja.

Kemudian juga ada bawang merah, bawang putih, dan cabai hijau. Ciri khas rasa ayam tangkap ini berasal dari cabai hijau dan daun temurui yang sudah digoreng kering.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X