Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Tepat Ungkep Ayam agar Bumbunya Meresap, Bekal Bikin Ayam Bakar

Kompas.com - 03/03/2022, 19:08 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ungkep merupakan proses membumbui ayam sebelum mengolahnya menjadi berbagai sajian, seperti ayam goreng dan ayam bakar.

Mengungkep ayam harus dilakukan dengan tepat. Sebab, bumbu ungkep bisa saja tidak meresap jika salah mengungkep ayam.

Jika ingin membuat ayam bakar, sebaiknya ikuti enam cara tepat mengungkep ayam agar bumbunya meresap, seperti saran Pian Gunawan, Executive Chef The Alana Hotel & Convention Center Solo berikut ini.

Baca juga: 4 Tips Mengolah Ayam Goreng Ungkep biar Tidak Keras

1. Belah ayam tanpa putus

Dibandingkan dengan memotongnya menjadi beberapa bagian, Pian lebih menyarankan untuk membelah ayam tanpa putus sebelum mengungkepnya.

"Dibelah punggung saja dijadikan kayak ayam bekakak. Jadi tinggal membuka dari bagian belahan punggung, dari atas kepala dipotong sampai ke ujung pangkal," ujar Pian.

"Tengahnya dibelah, tulang yang lunak kan ada di tengah, itu dilepas saja kalau seandainya tulangnya sudah lepas, tinggal dijepit atau tidak pakai jepitan juga bisa," tambahnya.

Menurutnya, ayam yang dibelah tanpa putus lebih mudah diungkep dan diolah menjadi ayam bakar.

Meski durasi mengungkep potongan ayam bisa lebih cepat daripada ayam utuh, Pian menilai, hasil akhir ayam bakar akan menciut dan tidak sebagus ayam utuh.

"Kalau untuk dibakar, potongan kecil ayam itu rada susah. Dagingnya sudah kecil, terus bakal habis (dagingya) di bakaran," kata Pian.

Baca juga: Resep Ayam Bakar Wong Solo, Ungkep Dulu dengan Air Kelapa

2. Pastikan bumbu benar-benar halus

Tak cukup hanya dicincang manual atau menggunakan chopper, campuran bumbu ungkep harus dihaluskan merata agar mudah menyerap ke dalam ayam.

"Buat ungkep sih bagusnya bumbu halus, cuma kan kalau sekarang kan modern banyak orang pakai chopper, itu memang rada bagus tetapi masih kasar," ujar Pian.

Baca juga: Resep Ayam Ungkep Bumbu Kuning, Bikin buat Stok Lauk

3. Tumis dulu bumbu ungkepnya

Ilustrasi ayam ungkep. SHUTTERSTOCK/Syanti Ekasari Ilustrasi ayam ungkep.

Jangan langsung merebus air dan bumbu ungkep bersamaan. Pian menuturkan, bumbu ungkep sebaiknya ditumis terlebih dahulu agar lebih harum, menyerap, dan tahan lama.

"Tumisnya paling 10 menit juga sudah benar-benar reduce dan oily," ujar Pian kepada Kompas.com, Kamis (3/3/2022).

"Kadang kan kalau berjualan, kita tidak hanya pakai untuk satu kali, mungkin dua hingga tiga porsi ungkepan, jadi untuk memperpanjang jangka simpannya saja," sambungnya.

Baca juga: Resep Ayam Bakar Kecap Pedas, Bisa Pakai Teflon

4. Gunakan perbandingan bumbu yang tepat

Ilustrasi mengungkep ayam dengan air banyak. SHUTTERSTOCK/Alexander gumulya Ilustrasi mengungkep ayam dengan air banyak.

Perhatikan jumlah bumbu dan air yang digunakan untuk mengungkep ayam. Terlalu banyak air menyebabkan bumbu tidak terasa saat memakan ayam.

"Jadi si bumbu itu kan kalau Indonesia harus berani rempah dan bumbu dibandingkan dengan air. Semisal bumbunya 500 gram, airnya dua liter kan akan jomplang," tutur Pian.

"Kalau mau bagus untuk ungkep ayam, kalau kita pakai 500 gram bumbu, pakainya 500 mililiter air, bisa air kelapa atau air biasa," jelasnya.

Baca juga: Resep Ayam Bakar Padang, Bumbu Meresap Sampai ke Tulang 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com