Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manco Asli Bu Suyono, Usaha Kue Manco Rumahan sejak 1991

Kompas.com - 29/01/2022, 09:03 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Kue manco merupakan jajanan tradisional yang bisa kamu temui di daerah Trenggalek, Madiun, atau Purbalingga.

Jajanan jadul ini masih banyak diproduksi oleh masyarakat setempat. Kamu bisa mencoba kue manco yang ada di Trenggalek, tepatnya di daerah Lok Songo, Ngaru.

Di sana, ada sebuah usaha rumahan yang memproduksi dan menjual kue manco.

Baca juga:

Nama usahanya adalah Manco Asli Bu Suyono Lok Songo Ngantru Trenggalek. Usaha kue manco rumahan ini sudah ada sejak tahun 1991.

Lebih jauh seputar kue manco dan Manco Asli Bu Suyono, simak penjelasannya berikut ini.

Asal mula berdirinya usaha kue manco

Ilustrasi kue manco ketan di Manco Asli Bu Suyono Lok Songo Ngantru Trenggalek.DOK.Manco Asli Bu Suyono Ilustrasi kue manco ketan di Manco Asli Bu Suyono Lok Songo Ngantru Trenggalek.

Dihubungi oleh Kompas.com, Mutini selaku istri dari Almarhum Suyono yang juga pemilik dari usaha Manco Asli Bu Suyono bercerita seputar usahanya tersebut.

“Saya jualan kue manco itu sudah ada sejak tahun 1991. Resep kue manco ini saya dapatkan dari nenek saya. Jadi, resep kue manco ini sudah turun temurun.” jelasnya kepada Kompas.com pada Jumat (28/1/2022).

Menurut ceritanya, awalnya Mutini menjual kue manco di pasar tradisional. Ia membuat sendiri kue manco jualannya.

Baca juga:

Kue manco buatannya masih dibuat dengan bahan dan cara yang tradisional. Pada awal penjualan, kue manco dijajakan di atas besek.

Saat itu, kue manco dibungkus dengan daun jati dengan ukuran lebar.

“Beda dari sekarang yang pakai bungkus plastik. Di awal saya jual itu, pakainya daun jati untuk bungkusnya. Jadi masih tradisional.” tuturnya.

Ilustrasi kue manco wijen di Manco Asli Bu Suyono Lok Songo Ngantru Trenggalek.DOK.Manco Asli Bu Suyono Ilustrasi kue manco wijen di Manco Asli Bu Suyono Lok Songo Ngantru Trenggalek.

Dalam penjelasannya, kue manco dibuat dari bahan dasar beras yang digiling halus hingga menjadi tepung.

“Yang saya jual ini, ada dua variasinya. Pertama, kue manco ketan dan kue manco wijen. Bedanya dibahan dasar saja.” ungkapnya kepada Kompas.com.

Kue manco ketan terbuat dari tepung beras sementara kue manco wijen terbuat dari tepung beras ketan. Seperti namanya, kue manco wijen diberi taburan biji wijen yang sudah disangrai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com