Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/01/2022, 12:14 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu kesulitan saat membuat pastry yakni pada cara melipatnya. Adonan pastry ini harus dilipat dan digilas secara berulang-ulang supaya hasilnya berlapis dan renyah. 

Jika tidak, adonan akan sama seperti adonan roti pada umumnya. Terlebih jika kamu juga tak menambahkan lemak pelapis atau korsvet. 

Baca juga:

Sebagai panduan, berikut cara melipat adonan pastry melansir dari "Buku Lengkap Homemade Pastry" oleh Diah Nimpuno terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Ilustrasi adonan karipap atau curry puff yang siap digoreng. SHUTTERSTOCK/THIRAWATANA PHAISALRATANA Ilustrasi adonan karipap atau curry puff yang siap digoreng.

Metode single fold 

Ada dua cara melipat adonan pastry, salah satunya adalah metode single fold. Metode ini cukup mudah dipraktikkan oleh pemula yang sedang belajar baking.

Namun sebelum melakukannya, kamu perlu menggilasnya terlebih dulu serta menambahkan lemak pelapis di permukaan adonannya. 

Baca juga:

Begini cara melipat pastry menggunakan single fold:

1. Gilas adonan membentuk persegi panjang dengan tebal satu sentimeter. 

2. Lipat adonan menjadi tiga lapis, putar adonan 90 derajat lalu gilas kembali.

3. Lakukan langkah di atas hingga enam kali. 

Ilustrasi curry puff menggunakan lembaran puff pastry instan. THE SPRUCE EATS/DIANA CHISTRUGA Ilustrasi curry puff menggunakan lembaran puff pastry instan.

Metode double fold

Metode double fold juga dikenal dengan nama istilah four fold. Sekilas metode ini mirip seperti single fold tapi ada perbedaan dibentuk lipatan dan pengulangan prosesnya. 

Berikut cara melipat adonan pastry menggunakan metode double fold.

1. Gilas adonan membentuk persegi panjang dengan tebal sekitar satu sentimeter. 

2. Lipat adonan menjadi empat lipatan. Caranya, lipat setiap sisi di pinggirnya ke arah tengah. 

3. Gilas adonan, lalu putar 90 derajat. Lipat lagi dengan cara sama kemudian gilas. Lakukan proses ini selama empat kali. 

Baca juga:

 

Setelah dilipat adonan pastry sebaiknya disimpan dulu di dalam freezer selama 20 menit. Hal ini dapat membuat hasilnya lebih renyah tapi dalamnya tetap lembut. 

Buku "Buku Lengkap Homemade Pastry" oleh Diah Nimpuno terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli online di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com