Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Usaha Sambal Kraos Kediri, Omzet Rp 50 juta Sebulan 

Kompas.com - 29/11/2021, 21:03 WIB
Silvita Agmasari

Editor

 

KOMPAS.com - Usaha sambal kemasan menjanjikan dari segi bisnis. Ini yang dirasakan oleh Sutaningsih pengusaha Sambal Kraos asal Kediri, Jawa Timur. 

Sutaningsih mengawali usaha membuat sambal enam tahun lalu. 

"Awalnya saya buka usaha catering. Lalu daftar UMKM dan disarankan untuk memiliki produk yang tahan lama," kata Sutaningsih dikutip dari Surya.co.id, Senin (29/11/2021). 

Ia berpikir sambal kemasan siap santap tergoling tahan lama. Selain itu, hasil panen bawang merah juga melimpah di sekitarnya. 

Baca juga:

Alhasil Sutaningsih berkreasi dengan aneka varian sambal bawang. Ia membuat kreasi sambal ayam, udah, baby cumi, dan ikan asap. 

Dengan merek Sambal Kraos, Sutaningsih juga aktif mengikuti pameran UMKM yang diselenggarakan Pemerintah Kota Kediri. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by sambal KRAOS (@sambalkraos)

Tak lupa, ia juga menerapkan ilmu marketing yang didapat khususnya melalui media sosial.  Sutaningsih mengaku banyak mendapat dukungan dari Pemkot Kediri. 

"Pelayanan perizinan cepat, mudah dan gratis," ungkapnya.

Baca juga:

Ia juga mengurus izin sertifikasi halal untuk Sambal Kraos di Majelis Ulama Indonesia, saat ini sedang menjalani proses audit. 

Saat ini, usaha Sambal Kraos semakin terkenal sampai ke luar Kediri. Pelanggan paling banyak, diakui Sutaningsih berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Setiap pemesanan jumlahnya mencapai 1.000 botol dan ia mendapat omzet hingga Rp 50 juta per bulan. 

"Selain berasal dari bahan segar dan pilihan, Sambal Kraos juga bebas bahan dari bahan pengawet. Daya tahannya satu sampai tiga bulan," jelasnya.

Baca juga:

Artikel ini telah tayang di Surya.co.id dengan judul Sambal Kraos Asal Kota Kediri, Pedasnya Pas dengan Varian Rasa Ayam Hingga Baby Cumi, https://surabaya.tribunnews.com/2021/11/29/sambal-kraos-asal-kota-kediri-pedasnya-pas-dengan-varian-rasa-ayam-hingga-baby-cumi

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Titis Jati Permata

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com