Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membuat Kulit Strudel Berlapis yang Tidak Gampang Sobek

Kompas.com - 21/11/2021, 20:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Sedang bingung mau mengisi akhir pekan dengan aktivitas apa? Kamu coba mengikuti resep strudel apel untuk camilan spesial di rumah.

Di beberapa resep strudel, ada yang menggunakan puff pastry siap pakai untuk lapisannya. Namun, ada juga yang membagikan cara membuat kulit strudel.

Mengutip dari buku “Buku Lengkap Homemade Pastry” (2018) oleh Diah Nimpuno terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, ada cara membuat kulit strudel berlapis yang tidak mudah sobek. Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Tantangan MasterChef Pakai Apel, Coba Resep Strudel Apel Khas Austria

1. Cara bentuk adonan kulit strudel

Dalam buku tersebut menyebutkan, bahan untuk membuat kulit strudel ada tepung terigu, garam, telur, minyak sayur, dan air hangat.

Semua bahan tersebut dicampurkan hingga membentuk adonan yang lembut, kalis, dan elastis. Gunakan mikser khusus adonan berat dan campurkan bahan selama 10 menit. Baiknya, adonan dibanting-banting agar lebih elastis.

Bagi adonan menjadi dua bagian, bulatkan dan lumuri permukaannya dengan minyak nabari.letakkan adonan di dalam loyang yang sudah diolesi minyak. Tutup rapat dengan plastic wrap.

Diamkan adonan dalam suhu ruang minimal satu jam. Namun, jangan sampai lebih dari enam jam.

Baca juga: Resep Pastel Segitiga Renyah Pakai Lembaran Puff Pastry Instan

2. Cara menipiskan adonan kulit strudel

Siapkan meja yang cukup luas. Siapkan kain katun bersih dan tutup permukaan meja dengan kain katun. Taburi dengan tepung terigu di atasnya.

Taruh satu buah adonan di tengah, gilas perlahan hingga tebalnya hanya satu cm saja. Selipkan tangan di antara adonan dan kain dengan punggung tangan menghadap ke atas.

Perlahan-lahan tarik adonan dari tengah menuju ke luar. Tarik adonan sedikit demi sedikit hingga tipis sekali. Usahakan jangan sampai robek.

Hindari menarik adonan kulit strudel dengan telapak tangan. Hal ini bisa membuat adonan robek terkena jari atau kuku.

Kalau ada robek kecil, sebaiknya abaikan. Namun, kalau robeknya lebar. Tambal dengan sedikit ujung adonan. Terus menarik hingga adonan menjadi tipis dan tembus pandang.

Gunting pinggir adonan yang maish tebal. Sisihkan bagian yang tebal, bisa untuk kulit martabak. Diamkan adonan tipis selama 10 menit dan adonan kulit siap diberi isi.

Baca juga: Resep Zuppa Soup Ayam Jagung Manis untuk Sarapan, Pakai Puff Pastry Instan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com