Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gali Potensi Kuliner Gorontalo dan Bone Bolango yang Ramah Lingkungan 

Kompas.com - 12/11/2021, 15:03 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango yang merupakan anggota Lingkar Temu Kapubaten Lestari bekerja sama dengan Kaum Jakarta, Brookland Coffee, dan Masak TV menggali kuliner daerah melalui program Sustainable Culinary Journey. 

Kerja sama ini juga bertujuan untuk menemukan potensi pengembangan produk pangan ramah lingkungan dan ramah sosial. 

Perjalanan ekspolorasi kuliner dimulai pada akhir September 2021, dengan menggali pangan Gorontalo dan Bone Bolango yang erat dengan kelestarian alam. 

Baca juga:

Alhasil, dari perjalanan tersebut, kuliner Gorontalo dan Bone Bolango yang otentik dan inovatif direpresentasikan dalam Jelajah Rasa dan Budaya Gorotalo dan Bone Bolango yang diselenggarkan di Kaum, Jakarta, pada Selasa (9/11/2021). 

Jelajah Rasa dan Budaya Gorotalo dan Bone Bolango adalah rangkaian menuju Festival Kabupaten Lestari 4 yang diselenggarakan di dua kabupaten tersebut.

Rencananya akan diselenggakaran pada 23-28 November 2021 dengan tema "Merangkai Kembali Identitas Lestari".

"Jelajah Rasa dan Budaya ini menjadi pintu masuk untuk memperkenalkan komoditas unggulan di Gorontalo dan Bone Bolango," kata Bupati Bone Bolango Hamim Pou dikutip dari siaran pers.

Illabulo dan binte biluhuta khas Bone Bolango dan Gorontalo. Kompas.com/Silvita Agmasari Illabulo dan binte biluhuta khas Bone Bolango dan Gorontalo.

Hamim berharap penyelenggaraan Festival Kabupaten Lestari (FKL) dapat mendatangkan investasi berkualitas yang ramah lingkungan dan ramah sosial untuk komoditas unggulan di Gorontalo dan Bone Bolango. 

Baca juga:

FKL 2021 akan mengangkat komoditas, inovasi, dan kerarifan lokal di kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango melalui program Obrolan Lestari yang berupa forum diskusi webinar untuk pembangunan lestari. 

Kemudian ada Temu Inovasi Lestari, diskusi dan tukar pembelajaran antar pihak yang melalkukan inovasi, Business Matching, Sustainable Culinary Journey, Telusur Kabupaten, Telisik Budaya, Irama Lestari, dan pameran. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com