Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Kailan Sama dengan Kale? Simak Penjelasannya

Kompas.com - 16/10/2021, 10:04 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Kailan merupakan sayuran hijau yang mirip dengan sawi caisim. Sayuran ini kerap dihidangkan di restoran chinese food

Biasanya, kailan dimasak dengan cara ditumis maupun direbus.

Tak jarang ada orang yang mengganggap bahwa kailan adalah kale. Lantas, apakah kailan dan kale adalah sayuran yang sama? Berikut penjelasannya. 

Baca juga:

Apa kailan sama dengan kale?

Kailan dan kale termasuk dalam golongan Brassica oleracea atau keluarga kubis, seperti dilansir dari Science Direct. Meski begitu kedua sayuran ini sebetulnya berbeda. 

Perbedaan kailan dan kale yakni pada tampilan, rasa, maupun nutrisinya. Kendati demikian, dua jenis sayuran ini dapat diolah dengan metode yang sama. 

Beberapa orang kerap mengolah kailan dan kale dengan cara ditumis, direbus, maupun digoreng.

Baca juga: Kenalan dengan Kailan yang Mirip Sawi Hijau, Sering Ada di Restoran Chinese Food

 

Ada pula yang menggunakan kailan dan kale sebagai bahan untuk membuat jus maupun smoothie.

Kale mentah menyediakan sekitar 7 kalori per porsi serta vitamin A, C, dan K dalam jumlah yang cukup.SHUTTERSTOCK/ELENA SHASHKINAA Kale mentah menyediakan sekitar 7 kalori per porsi serta vitamin A, C, dan K dalam jumlah yang cukup.

Perbedaan kailan dan kale

Melansir dari Serious Eats, kailan memiliki banyang tebal dan daun hijau yang berbunga. Saat ditanam, sayuran ini bisa tumbuh hingga 45 sentimeter. 

Sementara itu, kale memiliki daun yang berwarna hijau tua dengan batang yang panjang. Bentuk daunnya biasanya keriting, mengutip dari The Spruce Eats.

Kedua tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di berbagai iklim. 

Baca juga:

Mengenai jenisnya, kale memiliki beberapa varietas yang populer, yakni kale keriting dan baby kale. Selain itu ada pula tuscan kale dan chinese kale.

Ilustrasi sayur kailan atau gai lan atau chinese broccoli. SHUTTERSTOCK/ Lovelyday Vandy Ilustrasi sayur kailan atau gai lan atau chinese broccoli.

Sama seperti kale, kailan juga memiliki beberapa varietas, yakni chinese broccoli atau kailan dan baby kailan. 

Masing-masing varietas tersebut memiliki bentuk daun yang sedikit berbeda. Karakteristik rasa dan teksturnya juga tak sama. 

Baca juga:

 

Merujuk dari laman Versus, nutrisi kailan dan kale juga berbeda. Kailan mengandung air dan serat yang lebih banyak daripada kale. Meski begitu keduanya memiliki manfaat yang baik kesehatan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com