Kompas.com - 16/10/2021, 09:07 WIB
Ilustrasi sayur kailan atau gai lan atau chinese broccoli. SHUTTERSTOCK/ Lovelyday VandyIlustrasi sayur kailan atau gai lan atau chinese broccoli.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Selain olahan daging, ayam, atau seafood,  restoran chinese food juga menyajikan beragam tumisan sayuran. Salah satunya adalah tumis atau ca kailan. 

Kailan merupakan sayuran hijau yang bentuknya mirip seperti sawi hijau atau caisim. Namun jika diamati lebih jeli, keduanya berbeda.  

Lantas, sebetulnya apa itu kailan? Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak dalam ulasan ini. 

Baca juga:

Apa itu kailan

Melansir dari Serious Eats, kailan atau biasa chinese broccoli adalah sayuran berwarna hijau tua dengan batang yang tebal.

Sayuran ini merupakan salah satu tanaman kultivar yang termasuk dalam spesies brokoli dan kembang kol, yaitu Brassica oleracea.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sekilas kailan mirip dengan sawi hijau, tetapi bentuk dan ukuran daun berbeda. Selain itu, pada kailan juga terdapat kuncup bunga kecil yang biasanya berwarna kuning.   

Ilustrasi sayur kailan segar. SHUTTERSTOCK/ PosiNote Ilustrasi sayur kailan segar.

Rasa kailan sedikit pahit tapi tidak seperti sawi hijau ataupun brokoli. Biasanya kailan dimasak dengan cara ditumis menggunakan bawang putih. 

Beberapa restoran chinese food pun kerap merebus kailan lalu disajikan dengan siraman saus tiram di atasnya.

 

Baca juga:

Tak hanya daunnya, batang kailan pun dapat dimasak seperti halnya brokoli. Sebelum diolah, batang tersebut dipotong kecil terlebih dulu lalu direbus dan ditumis.

Manfaat kailan 

Kailan mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti sumber vitamin C, K, dan A, seperti dikutip dari Health Benefit Times

Selain itu, sayuran ini juga tinggi serat dan mengandung asam folat. Namun dalam laman Health Benefit Times disebutkan bahwa kailan mentah lebih banyak nutrisinya daripada yang telah dimasak. 

Ilustrasi ca kailan daging sapi.SHUTTERSTOCK/ Emilia Kun Ilustrasi ca kailan daging sapi.

Terkait manfaat kailan untuk kesehatan, dalam laman Health Benefit Times disebutkan bahwa kailan mampu menjaga kesehatan jantung, tulang, maupun mencegah kanker. 

Baca juga: Resep Tumis Sawi Putih Tahu, Cocok untuk Makan Malam

Kandungan vitamin A dan B nya dapat mengatasi peradangan serta mengurangi migrain. Sumber lain menyebutkan bahwa sayuran ini bisa membantu menjaga berat badan karena kaya akan serat. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.