Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Kale yang Jadi Bahan Masakan MasterChef Indonesia? Sayuran Mirip Selada

Kompas.com - 15/11/2020, 21:00 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Pressure test MasterChef Indonesia season 7 episode Minggu (15/11/2020) berbeda daripada biasanya karena terdapat 3 babak kompetisi.

Bahan yang tersedia pun sangat beragam salah satunya kale. Pada tahap ke-2, para peserta menggunakan kale sebagai pelengkap hidangan mereka.

"Kok sama semua ya. Ini semuanya kale sama tomato," ujar Chef Juna sambil menunjuk makanan peserta.

Baca juga: Tips Tata Makanan di Atas Piring, Plating Keren ala Peserta MasterChef Indonesia

Kale kerap disandingkan dengan makanan yang mengandung protein karena sayuran ini rendah kalori dan karbohidrat, jadi bikin nutrisi sajian lebih seimbang.

Kalau dilihat sekilas, kale ini mirip dengan selada tetapi warnanya lebih hijau pekat. Namun, kale bukan keluarga selada melainkan kubis seperti dikutip dari The Spruce Eats.

Ilustrasi kebun wild cabbage atau kubis liar di Venezuela. SHUTTERSTOCK/AMARILDO OLIVEIRA Ilustrasi kebun wild cabbage atau kubis liar di Venezuela.

Termasuk kubis liar

Kale termasuk keluarga kubis, paling mirip dengan kubis liar. Terlihat dari batangnya yang terdiri dari daun berbentuk longgar dan memanjang, bukan bulat padat.

Kale dapat tumbuh dengan mudah dan tahan suhu dingin. Sayuran ini pun bisa berkembang di berbagai iklim. Bukan hanya hijau tua, ada juga kale berwarna ungu, putih, dan merah muda.

Amerika Serikat dan Eropa, dua wilayah tempat kale mudah ditemukan. Selain itu, tersedia juga di Afrika, Amerika Selatan, dan Asia.

Kamu dapat mengolah kale menjadi beragam hidangan, mulai dari dimakan mentah dalam salad, goreng, tumis, sampai untuk sup.

Tiga jenis kale

Ilustrasi Tuscan kale. SHUTTERSTOCK/VEZZANI PHOTOGRAPHY Ilustrasi Tuscan kale.

Varietas kale yang umum adalah kale keriting dan baby kale. Kale keriting mengandung serat tinggi ketika mentah, sedangkan baby kale teksturnya lebih empuk sehingga kerap digunakan untuk salad.

Sementara itu, berdasarkan EatingWell, ada juga jenis Tuscan kale dan Chinese kale.

Batang Tuscan kale berkayu dan berserat, bentuk daun mengerut dan lebih rata daripada kale keriting. Sayuran jenis ini cocok untuk masakan apa saja terutama sup.

Chinese kale atau disebut juga brokoli China mempunyai bentuk yang sangat berbeda dengan kale keriting maupun Tuscan kale. Batangnya lebih lunak dan biasanya ikut dimasak.

Berbeda dengan Tuscan kale dan kale keriting yang bisa dimakan mentah, Chinese kale sebaiknya dimakan matang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com