Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakpia Jogja Favorit Orang Indonesia, Bakpia Pathok sampai Kukus

Kompas.com - 30/09/2021, 22:04 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Bakpia merupakan salah satu oleh-oleh terkenal dari Yogyakarta. Kue ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu. 

Ada berbagai macam bakpia yang dijual di pasaran, dari yang tradisional hingga kekinian. Bahkan varian rasanya pun beragam, mulai dari kacang hijau hingga green tea.

Beberapa waktu terakhir, juga ada bakpia kukus yang tak kalah populernya. Bakpia jenis baru ini pun lantas menjadi salah satu oleh-oleh yang disukai wisatawan. 

Baca juga:

Penggemar bakpia kukus 

Brigita Adventy Damayanti (27) dari Grobogan, Purwodadi, Jawa Tengah merupakan salah seorang yang gemar membeli bakpia untuk oleh-oleh atau dinikmati sendiri. 

Brigita menyebut bahwa ia menyukai bakpia kukus dengan rasa cokelat. 

"Aku biasanya beli bakpia buat dimakan sendiri buat oleh-oleh. Sukanya itu yang Bakpia Kukus Tugu Jogja yang rasanya cokelat," ungkap Brigita kepada Kompas.com (30/09/2021). 

Menurut Brigita rasa bakpia kukus ini unik dan beda dengan lainnya, sehingga ia pun sering membelinya. 

Ilustrasi Bakpia Kukus Tugu Jogja, oleh-oleh kekinian dari Yogyakarta. INSTAGRAM/ BAKPIA TUGU JOGJA Ilustrasi Bakpia Kukus Tugu Jogja, oleh-oleh kekinian dari Yogyakarta.

Tak hanya Brigita, Erma Widya (28) dari Bawen, Semarang pun menyukai varian dari bakpia kukus ini.

Menurut Erma, kemasan Bakpia Kukus Tugu Jogja ringkas, jadi mudah dibawa untuk oleh-oleh. Di samping itu, bakpianya pun lembut dan isinnya lumer. 

"Kalau bakpia kukus itu imut-imut, jadi ringkas gitu kalau dibawa-bawa. Terus, bakpianya juga lumer, enggak keras. Rasanya juga enak," jelas Erma.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com