Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Bakpia Kukus Tugu Jogja dapat Disimpan?

Kompas.com - 30/09/2021, 21:07 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Bakpia merupakan salah satu oleh-oleh terkenal dari Yogyakarta. Selain bakpia pathok, ada juga jenis bakpia kukus yang tak kalah populer. 

Berbeda dengan bakpia pathok yang dimasak dengan cara dipanggang, bakpia kukus dibuat dengan cara dikukus. Hal tersebut membuat kulitnya menjadi lembut dan isian pun meleleh. 

Lantas, bagaimana ketahanan produk bakpia kukus? Apakah lebih awet daripada bakpia pathok pada umumnya? Berikut penjelasannya.

Baca juga:

Ketahanan bakpia kukus

Melalui wawancara daring, Yudi Permadi, Head of Marketing dan Channel Bakpia Kukus Tugu menyebut bahwa ketahanan Bakpia Kukus Tugu Jogja lebih sebentar daripada bakpia pathok. 

Pasalnya, tekstur dan kulit bakpia pathok lebih kering. Sementara, kulit bakpia kukus cenderung lembut dan lembap. 

"Kalau dari sisi tahan lama, mungkin lebih tahan bakpia pathok. Karena dia kan kering," tutur Yudi kepada Kompas.com (29/09/2021)

Ilustrasi bakpia kukus khas Yogyakarta. SHUTTERSTOCK/HARISMOYO Ilustrasi bakpia kukus khas Yogyakarta.

Mengenai masa simpannya, Yudi menyebut bahwa Bakpia Kukus Tugu Jogja dapat disimpan sekitar tujuh hari. Namun etahanannya bisa lebih lama, jika kamu meletakkannya di kulkas atau chiller.

"Kita masa save life-nya hanya tujuh hari di suhu ruang. Kalau dimasukin ke chiller atau kulkas, bisa lebih lama," jelas Yudi.

Baca juga:

Yudi menambahkan bahwa semua varian bakpia kukus memiliki masa simpan yang sama. Berbeda dengan bakpia pathok yang ketahanan tiap jenisnya berbeda, bisa empat sampai 14 hari. 

Apa aman dikirim ke luar kota? 

Saat ini Bakpia Kukus Tugu melayani pemesanan dan pengiriman secara daring ke luar kota. Meski masa simpannya hanya sebentar, tetapi Yudi mengklaim bahwa bakpianya aman. 

Pasalnya, yang dikirim selalu produksi baru setiap harinya. 

"Yang kita kirim benar-benar fresh, produksi pagi kirim sore. Jadi, kalau konsumen pagi pesan pagi, kita kirim sore, tapi kalau pesan pukul 12.00 kita kirim besok paginya," ungkap Yudi.

Ilustrasi Bakpia Kukus Tugu Jogja, oleh-oleh kekinian dari Yogyakarta. INSTAGRAM/ BAKPIA TUGU JOGJA Ilustrasi Bakpia Kukus Tugu Jogja, oleh-oleh kekinian dari Yogyakarta.

Tak hanya itu, pihak Bakpia Kukus Tugu Jogja juga bekerja sama dengan pihak ekspedisi yang memang dapat menjamin keamanan selama pengiriman. Bahkan hingga saat ini, menurut yudi belum ada komplain mengenai perubahan produk akibat pengiriman. 

"Kemudian kita juga menggunakan rekanan logistik yang bisa menjaga produk tetap bagus, jadi aman," kata Yudi.

"So far selama kita kirim ke konsumen belum pernah ada kendala dan komplain dari konsumen yang merasa ada perubahan diproduknya," tambahnya. 

Baca juga: 3 Cara Hangatkan Bakpia Sisa, Bisa Pakai Teflon

Meski begitu, dari Bakpia Kukus Tugu Jogja sendiri menyediakan layanan garansi untuk konsumen bilamana mereka mendapatkan produk yang mengalami perubahan rasa.

Tim dari Bakpia Kukus Tugu Jogja akan mengganti produk tersebut dengan barang baru. Jadi, konsumen tak perlu khawatir sekalipun memesan melalui daring.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com