Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Rebus Daging agar Empuk untuk Bikin Oseng Mercon

Kompas.com - 12/09/2021, 20:09 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Oseng mercon dapat dibuat menggunakan berbagai macam potongan daging. Salah satunya adalah iga. 

Penggunaan iga pada resep oseng mercon dapat membuat rasanya semakin nikmat. Meski begitu pengolahannya harus tepat agar tekstur daging empuk dan tidak alot. 

Kepada Kompas.com (11/09/2021), Dyah Laily Fardisa pemilik usaha oseng mercon Bolo Sego membagikan cara merebus daging agar empuk. Berikut penjelasannya. 

Baca juga:

1. Tidak perlu dicuci 

ilustrasi daging sapi yang sudah dipotong. SHUTTERSTOCK/Moving Moment ilustrasi daging sapi yang sudah dipotong.

 

Daging sapi yang akan diolah menjadi oseng mercon tidak perlu dicuci. Sebab proses pencucian justru dapat mengontaminasi daging tersebut. 

"Jadi, kalau Bolo Sego itu karena kita coba cari tahu berbagai ahli perdagingan, mulai dari LIPI, peternak, terus teman-teman yang punya usaha berdagingan, kita merebusnya itu tidak perlu dicuci dulu," ungkap Dyah dalam wawancara daring. 

"Kenapa tidak dicuci, karena daging ketika dicuci itu justru rentan kontaminan," tambahnya.

Baca juga: Apakah Daging Sapi Perlu Dicuci dengan Air Sebelum Disimpan?

2. Rebus beberapa kali

Dyah menyebut bahwa di Bolo Sego sendiri proses perebusan dilakukan beberapa kali. 

Pertama, daging direbus untuk menghilangkan kotoran. Selanjutnya, daging direbus kembali dalam durasi yang lama lalu dimasukkan ke dalam bumbu.

Proses mengoseng daging dengan bumbu pun dilakukan cukup lama, sampai daging benar-benar empuk dan bumbunya meresap.   

"Jadi direbus, terus air rebusannya dibuang agar kotorannya larut, lalu direbus lagi lama. Terus, habis direbus lama itu, kita masukkan ke bumbu yang sudah dioseng. Habis itu, masukin ke situ, dioseng lama juga sampai meresap dan empuk," jelas Dyah. 

"Kita juga ada orang yang tugasnya mengetes tingkat keempukan daging. Jadi kita tusukin tuh satu-satu, kalau yang kurang empuk akan dimasak lagi sampai empuk," pungkasnya.

Ilustrasi daging direbus untuk bikin kaldu. SHUTTERSTOCK/SEAGULL_L Ilustrasi daging direbus untuk bikin kaldu.

Berapa lama merebus daging sapi?

Dalam artikel Kompas.com (04/05/2021), Executive Chef Aprez Catering by Amuz Group Stefu Santoso menyebut bahwa waktu memasak daging agar empuk sebetulnya bervariasi. Tergantung bagian dan jenisnya.

“Contoh ya kita pakai impor sengkel. Terus kita pakai daging sapi lokal bagian has luar atau has dalam. Otomatis yang lokal lebih cepat matang,” jelas Stefu.

Baca juga: Cara Rebus Daging 5-30-7, Biar Hemat Gas dan Hasil Empuk

Meski begitu Stefu juga menjelaskan bahwa rata-rata daging akan empuk jika dimasak dalam waktu 30-40 menit, selama potongan dagingnya tidak terlalu besar. 

“Misalnya kita potong ukuran 2x2 sentimeter, itu 30-45 menit pasti empuk. Tapi kalau kita potongannya sekitar 15x15 sentimeter itu belum tentu sama waktunya, akan lebih lama,” pungkasnya. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com