Kompas.com - 29/07/2020, 08:18 WIB


KOMPAS.com – Pada Hari Raya Idul Adha, stok daging biasanya jadi cukup banyak dan kamu perlu memasak dengan cepat dan banyak untuk keluarga.

Merebus daging dalam jumlah banyak bisa membuat penggunaan gas kompor jadi lebih boros daripada biasanya.

Baca juga: Resep dan Tips Masakan khas Idul Adha

Ada satu solusi yang bisa kamu coba untuk merebus daging dengan lebih efisien dan efektif yakni metode memasak 5-30-7.

“Ini adalah teknik memasak yang sangat efisien dalam menghemat biaya terutama kompor gas yang digunakan,” kata Chef de Cuisine Hotel Indonesia Kempinski, Prasetyo Widodo pada Kompas.com, Sabtu (25/7/2020).

ilustrasi dagingPIXABAY/MEINEMANNERWELT ilustrasi daging

Menurut Prasetyo, pada dasarnya ini merupakan teknik blanching. Blanching adalah proses memasak di mana makanan dimasukkan ke dalam air mendidih dalam waktu yang sebentar.

Untuk melakukan metode 5-30-7 ini, pertama kamu harus mempersiapkan panci yang diisi air. Setelah itu, didihkan air sampai benar-benar mendidih.

Baca juga: Resep Mi Kocok Kaki Sapi khas Bandung, Pilihan Masakan Idul Adha

Lalu masukkan daging yang akan dimasak ke dalam panci berisi air mendidih tersebut. Kemudian masak daging selama 5 menit.

Setelah 5 menit, matikan api kompor lalu tutup panci dengan rapat. Biarkan daging selama kurang lebih 30 menit di dalam panci.

Ilustrasi dagingShutterstock/margouillat photo Ilustrasi daging

“Kemudian dimasak lagi selama 7 menit. Itu (panci) harus selalu tertutup rapat agar sirkulasi uap panas tidak keluar dari panci dan membuat daging menjadi empuk,” terang Prasetyo.

Proses pemasakan daging terus berlangsung selama 30 menit api kompor dimatikan berkat uap air yang terperangkap di dalam panci.

Baca juga: Resep Sop Konro Khas Makassar, Cocok untuk Santapan Idul Adha

 

Maka dari itu, panci dipastikan harus selalu tertutup rapat dan tidak sering dibuka-tutup.

Ada baiknya juga menggunakan panci dengan bahan tebal dan tutup yang berat untuk hasil daging lebih empuk untuk metode 5-30-7.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.