Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Pertahankan Bisnis Kopi di Tengah Masa Pandemi

Kompas.com - 25/08/2020, 13:34 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjalankan bisnis kopi pada masa pandemi diperlukan tips dan trik tertentu agar tetap bertahan walaupun di tengah krisis global.

Baca juga: 12 Produk Makanan yang Jadi Tren pada Masa Pandemi, Ide Jualan Online

Namun, masa pandemi ini bukan sebuah jalan buntu, kamu masih bisa mengolah bisnis kopimu agar tetap berjalan dan mendatangkan banyak konsumen.

Dalam acara webinar “Peluang dan Tantangan Usaha Kopi di Era Baru" menjabarkan tips mempertahankan bisnis kopi di tengah masa pandemi.

Webinar ini dilaksanakan oleh Kristamedia bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan RI dan SCAI pada Senin (24/8/2020).

Webinar ini juga dihadiri oleh pembicara antara lain Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kementerian Perdagangan RI Olvy Andrianita, Ketua Umum SCAI Syafrudin, dan Trainer & Praktisi Kopi Michael Utama.

Kemudian Ketua Koperasi Kopi Permata Gayo Bener Meriah-Aceh Ir. Armia, Director PT. Santos Jaya Abadi Adi Haryono, CMO Krista Exhibitions Daud D. Salim, Ketua Dewan Pembina SCAI Delima Hasri Darmawan.

Menurut Michael Utama sekarang pelaku bisnis coffee shop dan pelaku bisnis lainnya melakukan inovasi agar bisa menjaga bisnis kopinya tetap berjalan.

 

Kini pelaku bisnis kopi sedang gencar-gencarnya mempromosikan produknya melalui media massa atau online.

Kopi kemasan literan

Selain itu juga banyak ide kreatif yang diciptakan demi menarik minat konsumen. Yang dulunya sekedar menjajakan kopi dengan kini mulai memunculkan produk baru.

Kopi Sejuk kemasan literan, Amstirdam Coffee, Malang. DOK. INSTAGRAM @AMSTIRDAMCOFFEE Kopi Sejuk kemasan literan, Amstirdam Coffee, Malang.

“Inovasinya ada yang jual kopi satu literan sampai ada yang jual roasted bean juga secara online,” papar Michael.

Baca juga: Kopi Kemasan Literan, Cara Kafe di Malang Bertahan di Tengah Pandemi Corona

“Selain itu ada inovasi-inovasi yang lain adalah pelaku kopi yang dulunya ada di hilir mulai masuk ke hulu. Mereka beli barang-barang seperti green bean yang akhirnya mereka proses sendiri kemudian jadi signature dari brand mereka,” tambahnya.

Salah satu wujud inovasi pebisnis kopi saat menghadapi pandemi adalah kopi literan. Kopi literan adalah kopi susu yang dikemas dalam botol literan. Mulai dari ukuran 500 ml hingga 1 liter.

Minuman ini sering diburu pencinta kopi yang tak bisa nongkrong di kafe akibat PSBB. Kopi ini juga dapat dinikmati di rumah untuk beberapa hari ke depan atau dinikmati bersama keluarga.

Beberapa pelaku kopi juga telah memutar otak untuk menjajakan instan kopi dari brand mereka sendiri dan dipasarkan secara online.

Kopi campur jamu atau rempah

Selain itu inovasi lainnya yang bisa diadaptasi adalah mencampurkan kopi dengan olahan jamu atau rempah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com