Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Bikin Nasi Tumpeng, Cara Masak sampai Trik Agar Tak Mudah Basi

Kompas.com - 17/08/2020, 15:06 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Membuat nasi tumpeng untuk berbagai perayaan seringkali dianggap cukup rumit.

Namun sebenarnya masak tumpeng bisa jadi sederhana, selama kamu tahu tips dan trik khusus memasak nasi tumpeng jadi lebih mudah.

Baca juga: Resep Tumpeng Nasi Kuning, Hidangan untuk Rayakan 17 Agustus

Executive Chef The Grove Suite by Grand Aston, Agung Budiharto, memberikan beberapa tips dalam membuat tumpeng. Dari urutan memasak lauk hingga cara mencetak nasi tumpeng agar tidak gampang basi.

1. Siapkan alat dan bahan sesuai porsi

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan semua alat dan bahan untuk masak nasi tumpeng serta lauk pendampingnya.

Kamu harus tahu berapa porsi nasi dan lauk yang ingin kamu buat (biasanya satu porsi satu orang). Hal ini berpengaruh pada banyaknya bahan makanan dan besaran cetak serta tampah tumpeng. 

Baca juga: Resep Sambal Goreng Ati dan Kentang, Lauk Nasi Kuning Tumpeng Kemerdekaan

Buatlah daftar dengan teliti di kertas untuk sekali belanja. Berkali-kali belanja justsru akan membuatmu kewalahan sebelum memasak. 

2. Siapkan bumbu masak

Memasak tumpeng dibilang cukup rumit salah satunya karena begitu banyak elemen yang harus dimasak.

Selain nasi tumpengnya, ada berbagai jenis lauk pauk yang jadi pendamping makan nasi tumpeng.

Nasi Tumpeng Kuning biasa selalu disajikan setiap ada perayaan. KOMPAS.com / NI PUTU DINANTY Nasi Tumpeng Kuning biasa selalu disajikan setiap ada perayaan.

Agar proses memasak nasi tumpeng berlangsung efektif dan efisien, Agung menyarankan agar kamu membuat terlebih dahulu bumbu-bumbu halusnya.

“Masak terlebih dahulu bumbu-bumbu yang diperlukan untuk condiment nasi tumpeng. Misalnya bumbu putih, bumbu merah, dan juga bumbu kuning,” kata Agung pada Kompas.com, Minggu (16/8/2020).

Baca juga: Resep Tempe Orek Kering, Masak Dulu untuk Makan Nasi Kuning Tumpeng

3. Urutan masak lauk

Jika bumbu dasar yang akan kamu gunakan nanti sudah siap, saatnya untuk memasak lauk lebih dahulu.

Lauk pendamping tumpeng bisa bermacam-macam. Mulai dari ayam goreng, telur balado, perkedel kentang, sambal goreng kentang, kentang mustofa (kering kentang), tahu dan tempe goreng, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Resep Ayam Goreng Kremes, Diungkep Jadi Makin Sedap

Utamakan untuk memasak lauk yang lebih lama matangnya seperti daging ayam dan kentang mustofa. 

Lanjutkan ke lauk-lauk yang lebih cepat matangnya dan lebih sederhana pengolahannya, seperti telur balado serta tahu dan tempe goreng.

Kamu juga bisa membuat lauk yang awet cukup lama seperti kentang mustofa lebih dulu sebelum proses memasak tumpeng agar mempersingkat waktu.

Ilustrasi telur baladoAris Setya / shutterstock Ilustrasi telur balado

4. Masak nasi tumpeng

Setelah semua lauk selesai dimasak, mulailah untuk memasak nasi tumpeng. Nasi tumpeng sebaiknya dimasak dengan teknik aron karena bisa awet lebih lama.

Baca juga: Arti Nama Tumpeng, Ketahui Juga Makna Jumlah Lauknya

5. Mencetak nasi tumpeng

Mencetak nasi tumpeng perlu kesabaran, tak bisa langsung dicetak ketika masih panas. Hal itu bisa membuat nasi cepat basi.

Cara mencetak nasi tumpeng agar tak cepat basi, kata Agung, adalah dengan cara meratakan dahulu nasi yang baru matang di dalam nampan.

Baca juga: Filosofi Tumpeng, Representasi Hubungan Manusia yang Dalam

“Kemudian kipas menggunakan kipas dari bambu atau kipas angin sambil nasi diaduk-aduk hingga asap yang keluar dari nasi tidak ada lagi. Baru kemudian cetak nasi menggunakan cetakan,” pungkas Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com