Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliah Umum UBM: Peran Profesi Penerjemah Tak Sekadar Menerjemahkan Kata

Kompas.com - 22/04/2024, 11:35 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Di era globalisasi, komunikasi lintas bahasa menjadi kian penting. Berbagai informasi dan ide melintas batas, membuka peluang kerja sama dan pertukaran budaya. Di balik kelancaran komunikasi tersebut, terdapat peran krusial profesi penerjemah, jembatan yang menghubungkan pemahaman antar bangsa.

Peran profesi penerjemah, termasuk penerjemah bahasa Inggris tidak hanya melibatkan penerjemahan dokumen, tetapi juga mencakup berbagai bidang, termasuk sastra, bisnis, hukum, teknik, dan kedokteran.

Dengan kemahiran linguistik yang mendalam dan pemahaman yang kuat tentang konteks budaya, penerjemah bahasa Inggris di Indonesia mampu mengubah teks asing ke dalam bahasa Indonesia dengan akurat dan tepat.

Menyadari potensi profesi penerjemah, Universitas Bunda Mulia (UBM) mengangkat peran profesi ini dalam "The UBM Studium Generale Series 16" yang diadakan Program Studi Bahasa Inggris.

Lebih dari 100 peserta berpartisipasi pada kuliah umum daring yang mengangkat tema "The Challenges of Translating Indonesian Literature” yang menghadirkan Tiffany Tsao dari Australia, pemenang PEN Translation Prize 2023 dan NSW Premier’s Translation Prize 2023.

Dalam kuliah umum tersebut, Tiffany Tsao menegaskan, “literature is an art. To neglect the stylistic aspects, the artistic aspects, is to ignore a large part of what it is” (Sastra adalah seni. Mengabaikan aspek gaya, aspek artistiknya, berarti mengabaikan sebagian besar dari hakikatnya). 

Kalimat ini menyiratkan bahwa peran penerjemah sangatlah kompleks. Penerjemah tidak hanya menerjemahkan kata-kata, tetapi juga memediasi antara dua budaya yang berbeda, mempertahankan esensi dan keaslian karya sastra asli.

Penerjemah juga memastikan bahwa pesan dan nuansa yang terkandung dalam teks terjaga dengan baik dalam bahasa sasarannya.

"Ini bukan hanya tentang mengubah kata demi kata, tetapi tentang menangkap irama, nada, dan jiwa karya sastra tersebut," tegasnya.

Baca juga: Pamerkan Produk Penerjemah Berbasis AI, iFLYTEK Raih Penghargaan Inovasi Terbaik pada Ajang AES Indonesia 2023

Koordinator Humas The UBM Studium Generale, Patricia Robin melalui rilis resmi (22/4/2024) menyampaikan, menyadari peran penting profesi penerjemah, Prodi Bahasa Inggri UBM selain menghadirkan kuliah umum ini juga menyiapkan lulusan melalui program terintegrasi.

"Prodi Bahasa Inggris UBM berorientasi pada teknologi dan industri melalui penyediaan mata kuliah seperti corpus linguistics, audio-visual translation, serta memiliki kerja sama yang erat dengan dunia industri yang memungkinkan mahasiswa melakukan internship," ungkap Patricia.

Dalam pengajaran, lanjut Patricia, Prodi BI UBM memiliki tiga peminatan, yaitu English Language Teaching, Translation and Interpretation, dan English for Digital Communication.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com