Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obituari: Guru Besar Unika Atma Jaya Prof. Dr. Aloisius Agus Nugroho

Kompas.com - 03/04/2024, 11:43 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Katolik (Unika) Atma Jaya dengan duka cita mendalam mengumumkan wafatnya Prof. Dr. Aloisius Agus Nugroho, Ketua Dewan Guru Besar Universitas Atma Jaya (UAJ) dan Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi UAJ, pada tanggal 2 April 2024, di usia 67 tahun.

Prof. Aloi, sapaan akrabnya, merupakan sosok akademisi, peneliti, dan pakar komunikasi yang inspiratif dan berdedikasi tinggi.

Beliau adalah salah satu tokoh penting dalam sejarah Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, di mana beliau telah memberikan kontribusi tak ternilai dalam kemajuan pendidikan di lingkungan UAJ.

Pengabdian Prof. Aloi di Unika Atma Jaya pun dilakukan hingga akhir hayatnya. Beliau menghembuskan nafas terakhir di kelas saat mengajar, menunjukkan dedikasi dan kecintaannya yang luar biasa terhadap dunia pendidikan.

Kepergian Prof. Aloi meninggalkan duka mendalam tidak saja bagi keluarga, kolega, dan civitas akademica Universitas Katolik Atma Jaya, namun juga dunia pendidikan Indonesia.

"Sosoknya yang disiplin, rendah hati, dan selalu memberikan dorongan untuk orang lain berkembang dan maju. Perhatiannya terhadap kemajuan pembelajaran dan mahasiswa juga menjadi keteladanan bagi kita semua sebagai tenaga pendidik," ungkap Rektor Unika Atma Jaya Prof. Yuda Turana kepada Kompas.com (3/4/2023).

Prof. Yuda menyampaikan, kontribusi Prof. Aloi selama 40 tahun di Atma Jaya menjadi bukti nyata kepeduliannya untuk dunia pendidikan dan bangsa ini. Semangatnya dalam mendidik menjadi panutan bagi kita semua.

"Dan yang tidak terlupakan, dorongan beliau untuk mendorong setiap insan agar maju dan terus berkarya. Pribadi yg selalu berpikir positif untuk kemajuan Atma Jaya. Unika Atma Jaya sangat kehilangan salah satu tokoh panutan dan pengabdian tulus," tambahnya.

Baca juga: In Memoriam: Prof. Aloisius Agus Nugroho, Ketua Dewan Guru Besar Unika Atma Jaya

Kepala Prodi Ilmu Komunikasi UAJ, Prof. Dorien Kartikawangi mengungkapkan, Prof. Alois adalah sosok cerdas dan penuh semangat dalam berbagai kegiatan Tri Dharma, dengan caranya sendiri yang khas.

Dia juga menilai Prof. Aloi memiliki keberanian untuk selalu menyuarakan kebenaran dan nilai etis di berbagai persoalan sosial politik.

"Kontribusi beliau besar sekali untuk UAJ, baik melalui peran struktural maupun akademis. Beliau secara khusus mewarnai UAJ melalui pemikiran yang progresif, dan selalu mengingatkan dosen muda untuk terus mengembangkan diri," tambah Prof. Dorien.

Capaian dan Kontribusi Akademik

  • Ketua Dewan Guru Besar Universitas Atma Jaya
  • Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi UAJ
  • Pengampu mata kuliah Etika Bisnis, Etika Komunikasi, Etika Komunikasi Korporasi
    Etika Komunikasi Pemasaran, Tata Kelola Korporat
  • Tokoh penting dalam sejarah Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Memberikan kontribusi tak ternilai dalam kemajuan pendidikan di lingkungan UAJ
  • Akademisi, peneliti, dan pakar komunikasi yang inspiratif dan berdedikasi tinggi
  • Sempat menjadi dosen di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta
  • Mengajar di Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia
  • Mengabdi di Unika Atma Jaya hingga akhir hayatnya

Latar Belakang Pendidikan

  • S1 Sekolah Filsafat Driyarkara, Jakarta (1982)
  • S2 di Katholieke Universiteit Leuven, Belgia (1989)
  • Doktor Filsafat Katholieke Universiteit Leuven, Belgia (1991)

Publikasi Ilmiah dan Buku

  • 2011, Ethical issues concerning international labor migration: Indonesian cases
  • 2021, Anno 2020
  • 2021, Refleksi 30 Tahun Hidesi
  • 2022, Hallyu Sebagai Kasus Komunikasi Pemasaran Dan Komunikasi Korporasi Internasional
  • Puisi-puisi yang koleksinya antara lain "Kepada Aya Miura" (Magelang: Indonesia Tera, 2003), "Kuharap Kau Menemukan Bulan" (Jakarta: Gramedia, 2020)

Misa Requiem Prof. Dr. Aloisius Agus Nugroho dilakukan pada Rabu, 3 April 2024 pukul 18.00 di Rumah Duka Carolus dan Misa Tutup Peti serta Pelepasan pada Kamis, 4 April 2024 pukul 10.00 bertempat di Hall KW Kampus Semanggi Unika Atma Jaya.

Pemakaman Prof. Aloi akan dilaksanakan di hari yang sama Kamis, 4 April 2024 di TPU Pondok Kelapa.

Di luar akademisi, Rektor UAJ Prof. Yuda menyebut Prof Aloi adalah seorang senior, dan pendidik, yang sangat berdedikasi untuk kemajuan pendidikan dan kemampuan mahasiswa.

"Beliau mengabdikan diri seutuhnya secara khusus di Unika Atma Jaya. Beberapa kali saya juga terlibat bersama dalam penugasan yang sama, beliau selalu hadir tepat waktu, berpikir secara kritis, mendalam, dan konstruktif," ungkap Prof. Yuda.

Beliau juga selalu mendorong agar orang lain entah itu sesama kolega atau mahasiswanya untuk maju dan berkembang. Selamat Jalan Prof. Aloi...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com