Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

In Memoriam: Prof. Aloisius Agus Nugroho, Ketua Dewan Guru Besar Unika Atma Jaya

Kompas.com - 02/04/2024, 18:58 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Katolik (Unika) Atma Jaya berduka cita atas wafatnya Prof. Dr. Aloisius Agus Nugroho, Ketua Dewan Guru Besar Universitas Atma Jaya (UAJ) dan Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi UAJ, pada tanggal 2 April 2024, di usia 67 tahun.

Prof. Aloi adalah salah satu tokoh penting dalam sejarah Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya di mana beliau telah memberikan kontribusi tak ternilai dalam kemajuan pendidikan di lingkungan UAJ.

Pengabdiannya di Unika Atma Jaya pun dilakukan hingga detak jantung terakhir. Prof. Aloi pingsan di kelas saat mengajar dan berpulang.

Kepergian Prof. Aloi meninggalkan duka mendalam tidak saja bagi keluarga, kolega, dan civitas akademika Universitas Katolik Atma Jaya namun juga dunia pendidikan Indonesia.

Prof. Aloi, sapaan akrabnya, merupakan sosok akademisi, peneliti, dan pakar komunikasi yang inspiratif dan berdedikasi tinggi. Beliau mengabdikan diri selama lebih dari 40 tahun di Universitas Atma Jaya, mendidik dan membimbing generasi muda di bidang ilmu komunikasi.

Setelah menamatkan S1 di Sekolah Filsafat Driyarkara (1982), Beliau melanjutkan S2 di Katholieke Universiteit Leuven Belgia (1989) dan meraih gelar Doktor Filsafat dari Katholieke Universiteit Leuven, Belgia, pada tahun 1991.

Kurun waktu sekitar 1984, Beliau juga sempat mengajar di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara.

Sejak saat itu, beliau aktif mengajar berbagai mata kuliah di Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya, termasuk Etika Bisnis, Etika Komunikasi, Etika Komunikasi Korporasi, Etika Komunikasi Pemasaran, hingga Tata Kelola Korporat.

Beliau juga dikenal sebagai peneliti yang produktif, menghasilkan berbagai karya ilmiah, buku, dan artikel di bidang komunikasi, etika, dan budaya.

Prof. Aloi juga menulis beberapa buku terbitan Kanisius dan Grup Kompas Gramedia.

Terakhir, Beliau juga pernah menulis puisi-puisi yang koleksinya antara lain "Kepada Aya Miura" (Magelang: Indonesia Tera, 2003), "Kuharap Kau Menemukan Bulan" (Jakarta: Gramedia, 2020), dan "Anno 2020" ( Jakarta: Gramedia, 2021)

Misa Requiem Prof. Dr. Aloisius Agus Nugroho akan dilakukan pada Rabu, 03 April 2024 pukul 18.00 di Rumah Duka Carolus dan Misa Tutup Peti serta Pelepasan pada Kamis, 04 April 2024 pukul 10.00 bertempat di Hall KW Kampus Semanggi Unika Atma Jaya.

Pemakaman Prof. Aloi akan dilaksanakan di hari yang sama Kamis, 04 April 2024 di TPU Pondok Kelapa.

Di luar akademisi, Prof. Aloi dikenal sebagai pribadi yang rendah hati, ramah, dan selalu bersedia membantu orang lain. Beliau adalah sosok inspiratif bagi para mahasiswa, kolega, dan semua orang yang mengenalnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com