Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unair Beri Sanksi Mahasiswa yang Lakukan Plagiarisme Makalah

Kompas.com - 02/04/2024, 18:52 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Airlangga (Unair) membenarkan telah terjadi tindakan plagiarisme makalah yang dilakukan mahasiswanya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Karena terbukti bersalah, Unair memberikan sanksi terhadap mahasiswa tersebut untuk memberikan efek jera.

"Bahwa mahasiswa yang telah terbukti melakukan plagiarisme itu telah mendapatkan sanksi sesuai peraturan akademik yang berlaku," kata Koordinator Pusat Informasi dan Humas Unair, Nur Aini Hidayati, dikutip dari akun Instagram @feb.unair, Selasa (2/4/2024).

Baca juga: Kisah Kevin Mulki, Lulus Masuk Unair pada Usia 16 Tahun

Tindakan plagiarisme itu ramai diperbincangkan di media sosial X, karena pihak yang merasa makalahnya ditiru angkat bicara dan merasa keberatan.

Nur mengatakan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unair telah memanggil pihak yang melakukan plagiarisme.

Hasilnya, mahasiswa tersebut memang telah terbukti melakukan plagiarisme makalah rekan satu fakultasnya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

"Berdasarkan klarifikasi, bahwa memang benar telah terjadi tindakan plagiarisme yang dilakukan salah seorang mahasiswa pada penyusunan tugas makalah pada satu mata kuliah tertentu," ujarnya.

Nur menegaskan, Unair dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis menjunjung tinggi etika akademik dan tidak mentolerir kecurangan dalam bentuk apapun, termasuk plagiarisme.

Hal tersebut sperti diatur dalam Peraturan Rektor No. 34 Tahun 2019 tentang Aturan Berperilaku di Kampus Universitas Airlangga.

Nur mengatakan, dengan adanya pernyataan dari pihak Unair, maka kasus plagiarisme makalah ini sudah dinyatakan selesai.

"Kasus ini dinyatakan telah selesai," jelas Nur.

Baca juga: Gagal SNBP 2024, Bisa Coba Jalur Masuk Unair Tanpa Tes

Sebelumnya diberitakan, dunia media sosial digegerkan dengan ada adanya kasus plagiarisme tugas kuliah yang dilakukan oleh mahasiswa Unair berinisial SPI.

Hal itu diketahui setelah muncul cuitan dari akun media sosial X @wkwkingatmyself yang mengeluhkan tugas kuliahnya diplagiat oleh SPI.

Pemilik akun media sosial X itu adalah Putri Azhra yang merupakan mahasiswa Unair Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

"Ada SELEB Unair di kelas gue yang personal branding di Instagram dan TikTok keren, aktif berorganisasi, ikut banyak kepanitiaan, public speaking skill bagus, punya banyak relasi ke kating (kakak tingkat) dan dosen, tapi plagiat tugas gue plek ketiplek," tulis Putri di akun media sosial X milikinya yang dikutip Kompas.com pada Selasa (2/4/2024).

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com