Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar KIP Kuliah atau SNBP 2024 Dulu? Simak Jawabannya

Kompas.com - 14/02/2024, 06:43 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian calon mahasiswa tentu ada yang punya pertanyaan, daftar KIP Kuliah (Kartu Indonesia Pintar Kuliah) atau SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) dulu?

Seperti pelaksanaan tahun lalu, pendaftaran KIP Kuliah dan jalur masuk perguruan tinggi negeri yakni SNBP 2024 dibuka dalam waktu berdekatan.

Calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan berencana mendaftar KIP Kuliah, tentu butuh informasi bagaimana tahapan yang benar. Apakah harus daftar KIP Kuliah atau SNBP dulu?

Sebagai informasi pendaftaran KIP Kuliah 2024 sudah dibuka sejak Senin, 12 Februari 2024. Sedangkan pendaftaran SNBP 2024 baru dibuka hari ini, Rabu (14/2/2024).

Baca juga: Intip Biaya Kuliah Telkom University Surabaya 2024

Daftar KIP Kuliah atau SNBP dulu?

Lantas bagaimana tahapan yang benar, daftar KIP Kuliah atau SNBP dulu?

Tim Teknis KIP Kuliah Kemendikbud Ristek, Sony Hartono Wijaya menerangkan, mendaftar KIP Kuliah terlebih dahulu lebih baik dilakukan calon mahasiswa.

Selanjutnya, calon mahasiswa bisa mendaftar di seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang dipilih. Baik itu di jalur SNBP 2024, SNBT 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) maupun jalur mandiri 2024.

Sony Hartono Wijaya menekankan agar para calon mahasiswa mendaftar seleksi KIP Kuliah pada periode pendaftaran ditentukan.

"Jadi, lebih baik daftar sekarang. Kenapa? Karena kalau adik-adik daftar sekarang perguruan tinggi saat nanti melakukan seleksi SNBP, perguruan tinggi sudah dapat informasi," terang Sony Hartono Wijaya seperti dikutip dari kanal YouTube Kemdikbud RI.

Baca juga: Undiksha Buka 7.039 Kuota Mahasiswa Baru 2024, UKT mulai Rp 500.000

Mudahkan perguruan tinggi lakukan sinkronisasi data

Ia mengimbau siswa untuk melakukan pendaftaran KIP Kuliah paling lambat satu hari sebelum melakukan pendaftaran SNBP, SNBT atau Mandiri.

Dengan melakukan tahapan tersebut, bisa memudahkan perguruan tinggi dalam melakukan sinkronisasi data penerima KIP Kuliah dan pendaftar SNBP.

"Disarankan ikut seleksinya sama seperti ikut seleksi nasional. Jadi tolong diisi, dipilih, selambatnya H-1 jadwal seleksi nasional karena pada hari-hari lain itu sistem untuk SNBP itu akan dilakukan proses sinkronisasi," papar Sony.

Untuk membantu calon mahasiswa yang akan mendaftar KIP Kuliah 2024, berikut alur pendaftaran yang perlu kamu ketahui:

  • Mendaftar secara mandiri di sistem online di kip.kuliah.kemdikbud.go.id
  • Memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang aktif
  • Selanjutnya, sistem KIP Kuliah akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN ke Dapodik Kemendikbud
  • Setelah validasi berhasil, sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email
  • Langkah selanjutnya yakni calon mahasiswa perlu melengkapi berkas pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jenis seleksi yang akan diikuti (SNBP/SNBT/Mandiri)
  • Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi sesuai jalur yang dipilih pada seleksi masuk di perguruan tinggi
  • Calon penerima KIP Kuliah yang telah diterima di perguruan tinggi dapat melakukan verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan sebagai calon penerima KIP Kuliah

Jadwal Seleksi KIP Kuliah dan SNBP 2024

Berikut jadwal pendaftaran KIP Kuliah 2024 dan SNBP 2024 yang perlu kamu ketahui:

1. Pendaftaran KIP Kuliah 2024: 12 Februari hingga 31 Oktober 2024

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com