Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Semesta Semarang Buka Beasiswa SMP-SMA, Ini Syaratnya

Kompas.com - 13/02/2024, 13:07 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Siswa SD dan SMP yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ada beasiswa dari Sekolah Semesta Semarang yang bisa kamu coba.

Beasiswa Semesta Scholarship Test (SST) 2024 ini diperuntukkan bagi siswa SD dan SMP yang ingin melanjutkan pendidikan di Sekolah Semesta Semarang jenjang SMP dan SMA. Benefit beasiswa ini adalah bisa sekolah gratis hingga lulus.

Saat ini Sekolah Semesta berdiri di 3 kampus yang lokasinya terpisah, yaitu Semesta Bilingual Boarding School yang terdiri dari jenjang SMP dan SMA berlokasi di Gunungpati, SD Semesta yang berlokasi di Srondol dan Semesta 2 yang terdiri dari jenjang PG, TK dan SMP berlokasi di Jangli.

Sekolah Semesta Gunungpati merupakan sekolah tertua, berdiri pada bulan Mei 1999. SD Semesta merupakan sekolah Semesta kedua, berdiri pada tahun 2010. Sedangkan Sekolah Semesta Kampus 3 (Semesta School Campus 3) yang juga sering disebut sebagai Semesta Jangli berdiri pada tahun 2019.

Baca juga: Beasiswa bagi Mahasiswa S1 UGM, Ada Bantuan UKT dan Uang Saku

Beasiswa Semesta Scholarship Test (SST) 

Semesta Bilingual Boarding School atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sekolah Semesta Gunungpati berada di bawah naungan Yayasan Al Firdaus. 

Semesta Scholarship Test (SST) adalah satu diantara beberapa beasiswa yang disediakan oleh Semesta School Semarang. Total beasiswa ini mencapai lebih dari Rp 500 juta.

Humas Sekolah Semesta Semarang Qorib Hidayat mengatakan, siswa yang dinyatakan lolos beasiswa ini bisa sekolah gratis.

"Beasiswa ini memberikan biaya pendidikan di SMP dan SMA Semesta selama 3 tahun," kata Qorib kepada Kompas.com, Selasa (13/2/2024).

Rincian beasiswa Semesta Scholarship Test (SST) meliputi beasiswa 50 hingga 100 persen dari harga total reguler SMP dan SMA Semesta Semarang sesuai hasil tes akademik dan tes wawancara.

Baca juga: Besaran Bantuan Biaya Hidup yang Diterima jika Lolos KIP Kuliah 2024

Syarat dan ketentuan siswa yang boleh mendaftar beasiswa Semesta Scholarship Test (SST) antara lain:

1. Tes terbuka untuk siswa SD kelas 5 dan 6 dan siswa SMP kelas 7, 8 dan 9

2. Nilai minimal passing grade 65 persen untuk setiap mapel/materi yang diujikan

Beasiswa ini akan melalui beberapa tahapan tes yakni tes akademik berupa mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Inggris dan tes wawancara. Tes dilaksanakan di Semarang, Surabaya, Malang dan Pekanbaru.

Pelaksanaan tes bagi siswa yang mau mendaftar beasiswa Semesta Scholarship Test (SST) ini akan dilaksanakan hari Sabtu, 24 Februari 2024 pukul 08.00 hingga selesai.

Pendaftaran beasiswa Semesta Scholarship Test (SST) ini masih dibuka hingga tanggal 20 Februari 2024 mendatang.

Baca juga: Cara Simpan Permanen Akun SNPMB untuk Daftar SNBP 2024

Informasi lengkap dan pendaftaran beasiswa Semesta Scholarship Test (SST) bisa dibaca di laman https://semesta.sch.id/events/semesta-scholarship-test-2024/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com