Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PTN Diminta Terima 20 Persen Pelamar pada SNBP 2024

Kompas.com - 12/02/2024, 20:49 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Perguruan tinggi negeri (PTN) diminta bisa menerima 20 persen pelamar pada ajang Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024.

"Jadi ada standar minimal, kuota minimal itu khusus SNBP, yaitu 20 persen," ungkap Ketua Umum Tim Penangggung Jawab SNPMB, Prof. Ganefri dalam Sosialisasi Daring Pendaftaran SNBP 2024 di YouTUbe SNPMB BPPP, pada Senin (12/2/2024).

Memang, sebut dia, tiap PTN memiliki kuota berbeda dalam menerima calon mahasiswa pada SNBP 2024.

Baca juga: Ketentuan Penilaian Lolos SNBP 2024, Siswa Wajib Tahu

Namun, kuota 20 persen diharapkan bisa dipenuhi oleh masing-masing PTN yang ikut dalam penerimaan mahasiswa baru (PMB).

Adapun pendaftaran SNBP 2024 akan dibuka pada 14 Februari 2024. Bagi siswa yang terpilih mengikuti SNBP 2024, maka bisa mempersiapkan proses pendaftarannya.

Calon mahasiswa wajib ketahui pilihan prodi pada SNBP 2024

Ketua Pelaksana SNPMB, Prof. Tjitjik Srie Tjahjandarie menyatakan, calon mahasiswa wajib mengetahui memilih program studi (Prodi) pada SNBP 2024.

Nantinya, calon mahasiswa wajib memilih maksimal dua prodi untuk jenjang Sarjana, Diploma 4 (D4) atau Sarjana Terapan, maupun Diploma 3 (D3) pada SNBP 2024. Meski begitu, terdapat ketentuan yang mesti dipenuhi pendaftar.

"Memilih dua prodi. Syaratnya satu, itu prodi di PTN di mana sekolah kamu berada di wilayah yang sama dan yang satunya boleh di PTN yang lain," ungkap dia.

Baca juga: Tips Pilih Prodi pada SNBP 2024, Calon Mahasiswa Wajib Tahu

Tak lupa, pendaftar diperbolehkan bila ingin memilih satu prodi. Bagi yang memilih satu prodi, maka bisa mendaftar di mana saja.

"Kalau satu pilihan prodi boleh di PTN mana saja. Kalau memilih dua, salah satunya harus di PTN di tempat kamu sekkolah SMA atau SMK," ujar dia.

Jika calon mahasiswa mendaftar 2 prodi, maka boleh memilih jenjang D4 pada pilihan satu dan D3 pada pilihan kedua.

Bisa juga pendaftar memilih dua prodi di perguruan tinggi yang sama, tapi di jenjang pendidikan yang berbeda.

Baca juga: Ketua SNPMB: Siswa Bisa Lolos SNBP 2024 Tergantung Rekam Jejak Sekolah

"Kamu juga boleh pilihan satu Sarjana, pilihan duanya di D4 pada perguruan tinggi yang sama itu boleh," tutup Prof. Tjitjik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com