Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketentuan Penilaian Lolos SNBP 2024, Siswa Wajib Tahu

Kompas.com - 12/02/2024, 20:27 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 memiliki ketentuan tersendiri dalam meloloskan siswa masuk perguruan tinggi negeri (PTN).

Ketua Pelaksana Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024, Prof. Tjitjik Sri Tjahjandarie menjelaskan, penilaian dalam SNBP akan diambil dari dua komponen.

Baca juga: Tips Pilih Prodi pada SNBP 2024, Calon Mahasiswa Wajib Tahu

Komponen pertama adalah hasil nilai rapor siswa yang mencapai minimal 50 persen dari seluruh mata pelajaran. Sedangkan yang kedua adalah komponen penggali minat dan bakat dengan bobot maksimal 50 persen.

"Nilai rata-rata rapor 50 persen, yang 50 persen lainnya komponen penggali minat dan bakat," kata Prof. Tjitjik dalam siaran di akun YouTube SNPMB BPPP, Senin (12/2/2024).

Dari komponen itu, siswa akan dinilai lagi berdasarkan nilai rapor dari maksimal dua mata pelajaran pendukung program studi (Prodi).

Kemudia siswa juga akan dinilai lagi berdasarkan prestasi dan portofolio yang diunggah ketika mendaftar SNBP.

"Dari sini kemudian sangat rill perguruan tinggi tidak bisa semau gue. Ada nilai rapor yang pendukung langsung terkait dengan prodi," ujar dia.

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah 2024 Sudah Dibuka, Cek Syarat dan Cara Daftar

Kendati demikian, Prof. Tjitjik menambahkan, PTN diberikan kewenangan untuk menentukan persentase penilaian tiap komponen tapi dengan total 100 persen.

Selain itu, PTN juga diberikan kewenangan untuk menentukan sub-komponen untuk komponen penggali minat dan bakat, serta persentase bobot penialaiannya.

"Penentuan ini dapat berbeda antara prodi dalam PTN yang sama," tutup Prof. Tjitjik.

Baca juga: Pendaftaran SNBP 2024 Segera Dibuka, Catat Tanggalnya

Adapun pendaftaran SNBP akan dibuka mulai 14 Februari 2024 pukul 15.00 WIB. Setiap siswa yang ingin mendaftar SNBP wajib memiliki akun SNPMB 2024 yang harus dibuat paling lambat 15 Februari 2024 pukul 15.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com