Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Pertahanan Milik Kemenhan Buka S2 Strategi Perang Semesta

Kompas.com - 08/01/2024, 09:02 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Pertahanan atau Unhan kini membuka program studi (prodi) baru jenjang S2

Rektor Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI), Letnan Jenderal TNI Letnan Jenderal TNI Jonni Mahroza, secara resmi membuka Program Pendidikan Magister (S2) Eksekutif, Program Studi Strategi Perang Semesta (SPS) Unhan RI. 

Dilansir dari laman Unhan, Prodi baru ini disebut Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unhan RI, Brigjen TNI Yudianto Putrajaya mengatakan ada 28 mahasiswa baru yang mengikuti perkuliahan prodi Strategi Perang Semesta (SPS) Unhan RI T.A. 2023/2024.

Baca juga: Unnes Buka Pendaftaran S2-S3 By Research, Ada 23 Prodi Pilihan

"Para mahasiswa baru ini berasal dari unsur Perwira TNI, partai politik, dan media massa baik cetak maupun elektronik," Katanya.

Selain itu, terdapat 17 dosen luar negeri dari negara Inggris, Jerman, Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Irlandia. 

Kegiatan perkuliahan kelas eksekutif akan dilaksanakan selama satu tahun dengan masa tempuh kurikulum selama empat semester. 

Baca juga: Syarat Daftar S2 dan S3 ITS 2024, Bebas Uang Pangkal

Sementara Rektor Unhan RI, Letnan Jenderal TNI Jonni Mahroza menyampaikan prodi baru S2 ini sebagai bagian dari upaya mempersiapkan intelektual muda untuk membentuk masa depan Indonesia. 

Rektor Unhan RI juga menjelaskan kompleksitas tantangan di masa depan dan pentingnya persiapan dari segi militer dan non-militer. 

Melalui program ini, Unhan RI berkomitmen memberikan pengetahuan mendalam terkait berbagai ilmu Strategi Perang Semesta.

Materi perkuliahan melibatkan sejarah perang, teori perang, strategi perang, generasi-generasi perang, gambaran perkembangan lingkungan strategis, dan ilmu relevan lainnya dari para pakar terpilih, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. 

Baca juga: 6 Beasiswa S1-S3 Dalam Negeri Buka Awal 2024, LPDP hingga Telkom

Pakar yang terlibat tidak hanya akademisi tetapi juga praktisi untuk memberikan manfaat komprehensif bagi mahasiswa, baik secara praktis maupun teoritis.

Rektor Unhan RI berharap kolaborasi antara mahasiswa dan dosen dapat membentuk kader-kader unggul yang tidak hanya memahami konsep strategi perang tetapi juga mampu mengaplikasikannya untuk menjaga kelangsungan hidup bangsa. 

Ia menekankan tanggung jawab bersama dalam memastikan bahwa pendidikan ini bukan hanya pencapaian pribadi tetapi juga kontribusi nyata bagi pembangunan pertahanan negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com