Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penutupan "Semesta Day XXV 2023" Ajak Siswa Berprestasi Kembangkan Potensi

Kompas.com - 13/11/2023, 12:04 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sekolah Semesta, Semarang, Jawa Tengah, berhasil menggelar “Semesta Day XXV” yang tahun ini mengusung tema “Cherish The Marvelous Reminisence”.

Pascapandemi global Covid-19 ini, ulang tahun Sekolah Semesta ke-25 yang diadakan bulan November 2023 kembali digelar secara offline.

Kegiatan diadakan di tiga kampus sekolah Semesta, yaitu: Kampus I SMP SMA Semesta BBS di Gunungpati, Kampus II SD Semesta Bilingual School di Srondol, dan Kampus III PG TK SMP Semesta Non-Boarding di Jangli.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bambang Pramusinto berharap Sekolah Semesta terus mempertahankan kualitas sebagai tolak ukur sekolah berprestasi di Kota Semarang, Jawa Tengah.

"Sekolah Semesta memiliki banyak sumber daya sehingga akan menjadikan sekolah Semesta ini sebagai parameter di bidang pendidikan kota Semarang baik dalam kualitas literasi, numerasi, pembelajaran, kebinekaan dan sebagainya" ungkap Bambang dalam sambutan.

Dalam kesempatan sama, Kepala Dinas Provinsi Jawa Tengah, Uswatun Hasanah memberikan apresiasi atas penyelenggaraan "Semesta Day XXV".

"Saya berharap Sekolah Semesta dan orangtua untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang positif. Dan saya berharap semua kegiatan yang ada di Semesta Day ini dapat memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan serta warga masyarakat pada umumnya," ujar Uswatun Hasanah.

Eksplorasi talenta prestasi

 

Jumlah peserta total yang mengikuti lomba "Semesta Day 2023" mencapai lebih dari 1.800 peserta. Peserta yang lolos babak penyisihan diundang ke sekolah Semesta untuk mengikuti babak final.

Kemeriahan puncak "Semesta Day ke - 25" juga dirasakan warga sekitar SMP SMA Semesta di wilayah Gunung Pati karena pihak sekolah juga menggelar acara Jalan Sehat yang dapat warga sekitar.

Tidak hanya doorprize, pada puncak "Semesta Day" warga sekitar juga berkesempatan membeli sembako murah di pasar murah, cek kesehatan gratis, donor darah dan bazar makanan.

Dalam acara puncak pada 11 November 2023 diadakan babak final di antaranya; lomba menyanyi, puisi, tari, sains dan matematika, fotografi, basket, futsal, story telling, speech, serta guest and spell.

Acara puncak "Semesta Day 2023" yang juga dihadiri Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Siswanto ditutup dengan Awarding Ceremony mengumumkan para pemenang dari setiap lomba.

Baca juga: OPSI 2023 Jadi Wadah Pengembangan Prestasi Siswa Sejak Dini

 

Pembina Ketua OSIS sekaligus Ketua Pelaksana Semesta Day XXV Sonya Adityasno Wibowo menyebut kegiatan ini juga mengemban misi mengeksplorasi berbagai bakat dari talenta berprestasi di Jawa Tengah, khususnya Kota Semarang.

"Antusiasme luar biasa para peserta lomba yang berasal dari berbagai daerah bukan hanya dari dalam kota menunjukkan bahwa tujuan Semesta Day untuk menjadikan agenda ini sebagai wadah untuk mengeksplorasi bakat tersampaikan dengan baik," tutup Sonya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com