Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Semesta Semarang Raih "Hattrick" Medali Olimpiade Astronomi dan Olimpiade Informatika

Kompas.com - 29/08/2023, 12:36 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dzaky Rafiansyah, siswa SMA Semesta, Semarang, meraih medali perak dan Best International Team (setara medali emas) dalam ajang "International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA)" ke-16 yang digelar pada 10-20 Agustus 2023 di Chorzow, Polandia.

Prestasi Dzaky sekaligus menggenapi raihan medali Sekolah Semesta di Olimpiade Astronomi Internasional selama tiga tahun berturut-turut, dan menggenapi raihan keseluruhan total medali di ajang IOAA hingga tahun 2023 sebanyak sepuluh medali.

Sejak tahun 2007, total sepuluh medali ditorehkan Sekolah Semesta yakni dua emas, tiga perak dan lima perunggu.

Dzaky Rafiansyah menjadi salah satu dari lima siswa terbaik Indonesia yang berhasil menyabet satu medali perak, empat medali perunggu, dan dua penghargaan Best International Team yang setara medali emas. 

Hattrick Medali IOI dan IOAA

Dzaky Rafiansyah bersyukur atas prestasi yang diraihnya. Bagi Dzaky, keikutsertaan pada kompetisi IOAA ini merupakan kali kedua. Sebelumnya, ia mengikuti kompetisi IOAA pada tahun 2022 secara daring dan bertempat di Bandung dengan raihan medali perak.

“Alhamdulillah saya tahun ini kembali mendapatkan medali perak, walaupun tujuan awalnya dapat medali emas, tapi ada tambahan sebagai Best International Team yang setara dengan emas,” ucap Dzaki.

“Selamat dan sukses, lima siswa Indonesia telah memberikan kado spesial bagi HUT ke-78 RI dengan lima medali. Raihan ini merupakan pencapaian yang luar biasa," ungkap Staf Ahli Menteri bidang Manajemen Talenta, Tatang Muttaqin saat menyambut kepulangan para siswa di Soekarno-Hatta International Airport, Tangerang, pada Senin (21/8/2023).

"Mudah-mudahan mereka bisa meneruskan karirnya sebagai pembelajar dan bisa menemukan pilihan yang terbaik di masa depan sehingga menjadi champions di bidangnya,” harapnya.

Dalam kesempatan sama, Ahmad Nurani, Kepala SMA Semesta mengaku bangga atas raihan prestasi siswanya yang mampu mengharumkan nama bangsa Indonesia masih dalam suasana bulan Kemerdekaan RI.

Baca juga: Ribuan Peserta Ikut OSN 2023, Ajang Kembangkan Karakter dan Prestasi Siswa

"Untuk bisa mewakili Indonesia dalam ajang internasional ini tentu tidaklah mudah. Banyak rintangan harus dilalui agar bisa tampil maksimal di kancah internasional demi mengharumkan nama Indonesia," ungkap Ahmad Nurani.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com