Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud Segera Umumkan Hasil Asesmen Nasional 2023

Kompas.com - 02/02/2024, 13:48 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) akan segera mengumumkan hasil Asesmen Nasional tahun 2023.

Asesmen Nasional adalah evaluasi yang dilakukan Kemendikbud Ristek untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh sekolah.

Baca juga: Kemendikbud Buka Lowongan Kerja Penerjemah Buku Anak-anak

Hal itu dilaksanakan dengan tiga instrumen, yakni asesmen kompetensi minimum literasi, numerasi, survei karakter dan survei lingkungan belajar.

"Kami akan meluncurkan hasil-hasil itu (asesmen) segera," ucap Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbud Ristek, Anindito Aditomo di akun YouTube resmi Kemendikbud, Kamis (1/2/2024).

Anindito mengatakan, asesmen dilakukan untuk mendapatkan gambaran nyata mengenai kemampuan para siswa di Indonesia.

Pada Asesmen Nasional 2023 akan diperlihatkan gambaran kemajuan Indonesia setelah selesai menangani pandemi Covid-19.

"Dan gambaran ini sangat menggembirakan karena kita dapat melihat, apabila kita membandingkan hasil asesment tahun 2021, kita melihat peningkatan yang signifikan baik dalam literasi maupun numerasi secara menyeluruh di semua tingkat pendidikan," ujar dia.

"Terutama di kalangan para murid yang berasal dari latar belakang sosial ekonomi rendah. Ini (asesmen 2023) juga menjelaskan hal yang sama," tambah pria yang akrab disapa Nino ini.

Baca juga: Alasan Skor PISA 2022 Indonesia Turun tapi Peringkat Naik

Hasil asesmen itu akan diberikan ke sekolah yang menjadi sampel asesmen untuk menjadi bahan evaluasi dan peningkatan mutu pendidikan.

Menurut Nino, asesmen nasional perlu dilakukan untuk melihat kualitas siswa dan pembelajaran di Indonesia.

Karena, skor Programme for International Student Assessment (PISA) dari OECD tahun 2022 hanya menangkan gambaran pendidikan Indonesia setelah satu bulan sekolah dibuka di masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Kerek Nilai PISA Siswa Indonesia, Kemenpan-RB Siapkan Kebijakan Penguatan SDM

"Jadi, pada dasarnya hasil PISA Tahun 2022 ini memberikan kami gambaran tentang kondisi sistem kita telah dua tahun penutupan sekolah pasca gangguan akibat pandemi jadi ini seperti titik terendah dalam sistem kami," tutup Nino.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com