Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan Milad Ke-66, Uhamka Beri Penghargaan bagi Alumnus Relawan di Palestina

Kompas.com - 18/11/2023, 18:20 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) menggelar puncak acara milad ke-66 Uhamka serta milad ke-111 Muhammadiyah pada Sabtu, 18 November 2023 di Jakarta.

Dies natalis Uhamka diperingati dalam berbagai acara, antara lain; jalan sehat, penghargaan dosen, tenaga pendidik dan mahasiswa berprestasi, penghargaan masa kerja dosen dan tenaga pendidik, serta lainnya.

Secara khusus dalam kesempatan tersebut, Uhamka memberikan penghargaan bagi relawan Indonesia di Palestina, Abdillah Onim atau yang akrab disapa Bang Onim, alumnus Fakultas Agama Islam (FAI) Uhamka.

Sebagai informasi, Abdillah Onim merupakan salah satu relawan Indonesia di jalur Gaza yang turut dievakuasi pasca-meningkatnya ketegangan antara Hamas dan Israel. 

Seperti dikutip dari berita Kompas.com (3/11/2023) sebelumnya, Kementerian Luar Negeri berhasil mengevakuasi Abdillah Onim bersama keluarga.

 

Didampingi putrinya, Bang Onim mendapatkan penghargaan tertinggi "Lifetime Achievment".

Rektor Uhamka, Prof Gunawan Suryoputro menjelaskan pernghargaan ini merupakan bentuk rasa bangga kepada alumni yang sudah menerapkan nilai dasar Uhamka: Integrity, Trust, Compassion.

Rektor Uhamka berharap, dengan hadirnya Bang Onim dapat memberikan motivasi untuk berkontribusi kepada negara dan dunia sesuai dengan tema Milad Uhamka yaitu "Uhamka Mendidik, Ikhtiar Menyelamatkan Semesta".

"Bang Onim adalah Hamka muda yang luar biasa, jiwa kepedulian, integritas menjadi semangat juang yang tiada lelah bertahan di Palestina. Uhamka sangat bangga dan mengapresiasi kepada Bang Onim," ungkap Prof. Gunawan.

Dalam kesempatan sama, Abdillah Onim mengatakan sebagai relawan butuh keseriusan dengan menjiwai menjadi seorang aktivis kemanusiaan.

Menurutnya hal yang dapat dilakukan masyarakat, termasuk sivitas akademika Uhamka adalah mengirimkan banyak doa untuk saudara yang berada di Palestina, karena di dalam doa terdapat kekuatan yang dahsyat.

Baca juga: Dies Natalis Ke-69, UM Toreh Prestasi di Kancah Internasional

"Selain doa, kita bisa memberikan donasi kepada mereka. Namun donasi pun tidak cukup, kita juga harus memberikan edukasi sehingga masyarakat Indonesia bahkan Uhamka tertarik akan sejarah Palestina," ungkap Onim.

"Dan harapan saya untuk Uhamka yang sudah berusia ke-66 dapat sukses selalu dan memberikan manfaat untuk masyarakat, bangsa, dan negara," tutup Onim.

Dalam hal ini Uhamka juga memberikan bantuan dana sebesar 50 juta rupiah untuk dikirimkan ke Palestina melalui Abdillah Onim disamping bantuan untuk Palestina melalui Lazismu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com