Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dies Natalis ke-53 IKJ Gelorakan Semangat "Menembus Batas-Batas Baru"

Kompas.com - 04/07/2023, 18:41 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Institut Kesenian Jakarta (IKJ) menggelar Dies Natalis ke-53 pada tanggal 26 Juni 2023 dengan mengangkat temas besar “Exploring New Frontiers” (Menembus Batas-Batas Baru).

Melalui rilis resmi (4/7/2023), Rektor IKJ Indah Tjahjawulan menyampaikan, tema dies natalis IKJ tahun ini dipilih untuk menggambarkan semangat IKJ terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tren yang terus berubah.

Narasi tema ini, lanjut Indah Tjahjawulan, ingin menunjukkan IKJ mampu “Menembus Batas-batas Baru”, setelah melihat kekuatan dan kelemahannya, dalam memanfaatkan dan mengelola aspek baru dalam kesenian.

"(IKJ) Menjadi bagian semangat yang sama sebagai pelopor sekaligus memperkuat posisi IKJ sebagai institusi pendidikan tinggi seni yang terdepan dan berinovasi di Indonesia," tegas Rektor IKJ.

"Sejarah IKJ menunjukkan kepeloporannya dalam pendidikan kesenian, menjadi perguruan tinggi pertama yang mengembangkan pendidikan sinematografi dan mengelola beberapa bidang kesenian dalam satu wadah serta mendorong kerja interdisiplin," jelas Indah.

Indah juga mengingatkan, IKJ harus menyiapkan diri menghadapi tantangan zaman dalam upaya menjaga relevansi peran dan eksistensi pendidikan kesenian saat ini.

"Dalam perayaan ini, IKJ perlu memahami dan menghadapi tantangan yang dihadapi oleh dunia kesenian pada era modern ini," tandasnya.

Salah satu tantangan utama, ungkap Indah, adalah perkembangan teknologi media kesenian saat ini yang turut memengaruhi perkembangan kesenian baik itu proses dan bentuk karya, bagaimana karya itu disebarkan dan dinikmati, serta estetika dari karya seni itu sendiri.

"Lebih jauh lagi pertanyaan-pertanyaan terhadap perubahan tersebut akan membuat kita semakin berfikir tentang nilai dari kesenian itu sendiri: yang seperti apakah suatu bentuk karya masih bisa dianggap sebagai 'kesenian' dan mana yang bukan," ujar Indah.

Baca juga: Dies Natalis ke-63 Atma Jaya: Indonesia Punya Andil di Lingkup Global

Rangkaian Kegiatan Dies Natalis IKJ

Peringatan Dies Natalis ke-53 IKJ berlangsung dengan serangkaian kegiatan dan acara yang dilaksanakan secara daring dan luring hingga Desember 2023 mendatang.

Rangkaian acara turut memeriahkan momentum Dies Natalis IKJ tahun ini antara lain berupa:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com