Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembukaan Disporseni dan Dies Natalis UT, Menpora Beri Apresiasi Inovasi dan Inklusifitas UT

Kompas.com - 30/05/2023, 10:01 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Terbuka (UT) secara resmi membuka Diskusi Ilmiah, Pekan Olah Raga, Dan Seni (Disporseni) Nasional UT 2023 pada 30 Mei 2023. Disporseni Nasional UT merupakan rangkaian dari dies natalis ke-39 yang akan jatuh pada 4 September 2023.

Tahun ini Disporseni Nasional UT mengusung tema “Kreatif, Sportif, dan Inovatif Menuju Indonesia Maju” sejalan dengan tema besar dies natalis ke-39 UT “Tatanan dan Budaya Kerja Baru Mewujudkan Indonesia Maju”. 

Dalam sambutan pembukaan, Menpora RI Dito Ariotedjo memberikan apresiasi kepada UT yang telah melakukan berbagai inovasi pembelajaran digital di tengah tantangan pandemi di dunia pendidikan Indonesia.

"UT melihat pandemi sebagai tantangan dan peluang baru untuk menerapkan pembelajaran digital yang inklusif, terus berinovasi dan bersinergi," ungkap Dito Ariotedjo.

Menpora juga memberikan apresiasi kepada UT yang telah memberikan akses inklusif pendidikan tinggi kepada masyarakat Indonesia, termasuk kepada para atlet berprestasi.

"Saya meyakini sumbangsih Universitas Terbuka bagi dunia pendidikan dapat menciptakan lulusan yang tidak hanya sarat keilmuan namun juga berkarakter, berdaya saing, dan berkontribusi seluas-luasnya bagi bangsa, negara, dan masyarakat Indonesia," ujar Menpora.

"Selamat kepada UT untuk dies natalis ke-39. Kreatif, Sportif, dan Inovatif Menuju Indonesia Maju," tutup Dito Ariotedjo.

Rektor UT Prof. Ojat Darojat dalam sambutan menyampaikan, tranformasi sebagai UT PTN-BH diharapkan semakin mengokohkan milestone Universitas Terbuka untuk menjadi terdepan dalam inovasi PTTJJ.

"UT PTN-BH akan terus berkomitmen untuk membuka akses Pendidikan tinggi yang inklusif di berbagai pelosok tanah air, menghasilkan SDM unggul untuk mendukung Indonesia maju melalui berbagai inovasi layanan belajar digital," tegas Prof. Ojat.

Prof. Ojat juga menegaskan UT tetap kokoh dan berjaya, termasuk ketika dunia menghadapi pendemi global Covid-19 dan learning loss dalam pembelajaran. "UT yang sebelumnya dipandang sebelah mata, justru menjadi solusi strategis dalam menghadapi learning loss. Ini menjadi a blessing in disguise bagi UT," tegasnya. 

Rektor UT juga menyampaikan, tema yang diangkat dalam Disporseni Nasional UT selaras dengan semangat tema Dies Natalis UT.

"Diharapkan kedua tema tersebut dapat menumbuhkankembangkan semangat bagi generasi Indonesia yang unggul dan berdaya saing tinggi dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045," ujarnya. 

"Semoga seluruh rangkaian acara Disporseni dan Dies Natalis dapat berjalan dengan sukses dan membawa kejayaan UT," tutup Prof. Ojat Darojat. 

Baca juga: Menpan RB Beri Orasi Ilmiah di Dies Natalis ke-59 UNJ

Acara pembukaan Disporseni dan Dies Natalis UT secara resmi dibuka dengan seremoni penyalaan obor oleh Rektor UT didampingi para wakil rektor dan para rektor periode sebelumnya. 

Rangkaian Disporseni dan Dies Natalis UT

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com