Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Daftar KIP Kuliah Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

Kompas.com - 24/10/2023, 13:47 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa yang 2024 akan melanjutkan pendidikan namun terkendala biaya, bisa memanfaatkan program Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah 2024.

Siswa kelas 12 perlu tahu tata cara pendaftaran KIP Kuliah Merdeka untuk seluruh jalur masuk perguruan tinggi negeri baik di jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Jalur Mandiri.

Penting diketahui bahwa cara mendaftar KIP Kuliah untuk semua jalur yakni SNBP, SNBT dan jalur Mandiri dilakukan secara online melalui laman KIP Kuliah Merdeka yaitu https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

Selanjutnya, penerima KIP Kuliah Merdeka ditetapkan oleh Puslapdik atas usulan perguruan tinggi setelah mahasiswa melakukan registrasi dan diterima secara resmi sebagai mahasiswa aktif di perguruan tinggi.

Baca juga: Mengenal KIP Kuliah Skema 1 dan Skema 2, Siswa Harus Tahu

Cara daftar KIP Kuliah untuk semua jalur

Dilansir dari laman KIP Kuliah, Selasa (24/10/2023) pendaftaran akun di laman KIP Kuliah Merdeka dilakukan melalui dua cara, yakni:

  • Siswa mendaftar secara mandiri
  • Perguruan tinggi mendaftarkan mahasiswa yang sudah diterima dan melakukan registrasi.

Untuk pendaftaran akun di laman KIP Kuliah Merdeka, calon penerima harus memasukkan data yang valid di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud Ristek sebagai berikut:

1. Nomor Induk Kependudukan (NIK);
2. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN); dan
3. Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

Calon penerima juga harus memiliki email yang aktif untuk pengiriman Nomor Pendaftaran dan Kode Akses setelah sistem KIP Kuliah Merdeka berhasil melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN.

Baca juga: Tes Kompetensi PPPK Guru 2023: Passing Grade, Jumlah Soal, dan Durasi

Tahapan pendaftaran KIP Kuliah

Calon siswa yang akan melanjutkan pendidikan dan membutuhkan bantuan biaya, cermati cara daftar KIP Kuliah 2024 yang bisa membantumu dalam hal pembiayaan kuliah. Berikut cara daftar KIP Kuliah yang perlu kamu ketahui:

1. Siswa melakukan Pendaftaran Akun secara mandiri melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN, dan alamat email yang aktif;

3. Sistem KIP Kuliah Merdeka selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah Merdeka;

Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah Merdeka selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan. Pastikan siswa mendaftarkan email yang aktif agar dapat melihat kode akses yang dikirimkan.

4. Siswa masuk ke dalam laman KIP Kuliah Merdeka dengan memasukkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses untuk menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah Merdeka dan memilih proses seleksi yang akan diikuti (SNBP/SNBT/Mandiri);

5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di laman KIP Kuliah Merdeka sesuai jalur seleksi yang dipilih melalui jalur SNBP/SNBT/Mandiri;

6. Bagi calon penerima KIP Kuliah Merdeka yang telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan ke Puslapdik sebagai mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka.

Demikian informasi mengenai cara daftar KIP Kuliah yang perlu diketahui calon mahasiswa. Penting untuk diketahui bahwa KIP Kuliah hanya diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang mengalami kesulitan ekonomi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. 

Baca juga: Jago Bikin Puisi, Lidya Raih Beasiswa S1 Gratis ke Belanda

KIP Kuliah akan memberikan bantuan berupa biaya kuliah hingga biaya hidup bagi mahasiswa yang berhasil menjadi penerima KIP Kuliah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com