Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jago Bikin Puisi, Lidya Raih Beasiswa S1 Gratis ke Belanda

Kompas.com - 24/10/2023, 08:07 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa bisa berprestasi sesuai dengan bakat dan minat mereka. Bahkan dari bakat dan minat tersebut bisa membawamu menggapai impian seperti kuliah di luar negeri gratis.

Hal itulah yang dirasakan Lidya Herina Avisa yang mempunyai prestasi di bidang puisi hingga akhirnya membawanya kuliah di Belanda.

Hobi Lidya dalam bidang puisi ini membawanya meraih beragam prestasi hingga mendapatkan Beasiswa Indonesia Maju (BIM) ke Wageningen University and Research Program Studi International Land and Water Management di Belanda.

Alumnus SMAS Al Asiyah ini mengatakan, semasa sekolah Lidya rutin mengikuti berbagai perlombaan. Tidak hanya lomba pidato bahasa Inggris tetapi juga lomba cipta puisi.

Baca juga: Cerita Taufiq Pernah Jualan di Pasar, Kini Jadi Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati

Sering ikut berbagai lomba sejak sekolah

Saat mengikuti berbagai lomba, Lidya mendapatkan pujian dari gurunya yang membuat dia lebih percaya diri dan memotivasi untuk berkarya membuat puisi.

Berkat kemampuannya menulis itu pula, pada saat di bangku SMP dia pernah mendapatkan juara 2 lomba pidato berbahasa Inggris dalam rangka bulan bahasa.

Lidya menerangkan, orangtuanya Heru Setiyawan sehari-hari bekerja sebagai satuan pengamanan di showroom mobil dan ibunya Inawati Limantara bekerja sebagai karyawan call center sebuah toko obat herbal.

Kedua orangtuanya berharap dia bisa mengukir prestasi dan meraih mimpi setinggi-tingginya. Sehingga kedua orangtuanya selalu mendukung dan memberikan motivasi kepada Lidya untuk terus meningkatkan prestasinya.

Prestasi yang pernah diraih Lidya antara lain, salah satu penulis buku antologi puisi Menuju Puncak Hari Baru.

Lidya mengaku, dia selalu menyusun rangkaian kata dengan penuh perasaan dan menggunakan pilihan kata yang tepat. Hasilnya, karya Lidya dalam ajang kompetisi cipta puisi Insight Youth Education Festival tahun 2021 terpilih untuk diterbitkan bersama karya penulis lain.

Baca juga: Cek Kisaran Biaya Kuliah di Singapura dari Jenjang Diploma dan Sarjana

Harapan orangtua dan kerja keras Lidya untuk bisa meningkatkan prestasi saling melengkapi. Usahanya agar bisa menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi akhirnya menemukan titik terang.

Ragam prestasi lewat rangkaian diksi puisi mengantar Lidya menuju perguruan tinggi di luar negeri.

Berawal dari siaran langsung di kanal YouTube Puspresnas mengenai sosialisasi pendaftaran program Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Program Persiapan Sarjana Luar Negeri Angkatan 2 yang disimak, Lidya bertekad untuk bisa menjadi salah satu penerimanya.

BIM Program Persiapan Sarjana Luar Negeri merupakan program beasiswa yang diberikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) guna mempersiapkan peserta didik berprestasi pada jenjang pendidikan menengah untuk memperoleh kesempatan pendidikan jenjang sarjana di luar negeri.

Lidya pun termotivasi. Semua persyaratan dan prosedur seperti kurasi dijalani agar prestasi yang ia miliki bisa menjadi jalan baginya untuk mendapatkan BIM.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com