Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran Kampus Mengajar Dibuka 1 November, Ada Uang Saku Rp 1,2 Juta

Kompas.com - 24/10/2023, 11:15 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Kampus Mengajar angkatan 7 akan dibuka 1 November hingga 24 November 2023 mendatang.

Sebagai bagian dari kerangka MBKM, Kampus Mengajar diluncurkan dengan dua luaran, yaitu peningkatan kompetensi mahasiswa serta akselerasi peningkatan literasi dan numerasi peserta didik di sekolah sasaran.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud Ristek, Sri Suning Kusumawardani mengatakan, Kampus Mengajar merupakan implementasi dari semangat gotong royong yang mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bahu membahu dalam membangun pendidikan Indonesia yang lebih baik lagi di masa depan.

"Semangat tersebut juga sudah berhasil dilaksanakan oleh Program Kampus Mengajar di mana 112.000 mahasiswa sudah terjun langsung dan berkolaborasi bersama para guru, kepala sekolah hingga orang tua para murid di 23.000 lebih sekolah sasaran," jelas Sri Suning seperti dikutip dari laman Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Selasa (24/10/2023).

Baca juga: 227 Perguruan Tinggi Dukung Praktisi Mengajar, Hadirkan Pembelajaran Inovatif

Kampus Mengajar sediakan kuota 30.000 mahasiswa

Dia menambahkan, Kampus Mengajar bisa menjadi jawaban atas tantangan saat ini di mana permintaan pasar kerja terhadap SDM semakin kompleks.

Pembelajaran yang akan diikuti oleh mahasiswa selama bergabung dalam program ini dinilai bisa mengasah berbagai kompetensi seperti kemampuan komunikasi, kerja sama, kepemimpinan, cara berpikir kreatif, dan juga pemecahan masalah.

"Saya harap, tujuan baik ini juga bisa mendapatkan dukungan penuh dari perguruan tinggi untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada mahasiswa untuk bisa bergabung, mendaftar, dan mengabdi di Program Kampus Mengajar Angkatan 7," imbuhnya.

Sri Suning mengajak sebanyak-banyaknya mahasiswa akademik maupun vokasi untuk bergabung di Program Kampus Mengajar dan mengambil peran sebagai agen perubahan yang memajukan pendidikan Indonesia.

Ia yakin, pembelajaran melalui Kampus Mengajar akan memberikan pengalaman unik yang akan mengajak mahasiswa Indonesia agar bisa memaknai arti pendidikan.

"Perjalanan penuh kisah sebagai proses pembelajaran yang nantinya akan mahasiswa jalani selama beberapa bulan ke depan melalui program ini, saya harap juga akan menjadi perjalanan dalam menemukan arti sejati dari pentingnya pendidikan," beber dia.

Baca juga: Apakah Lulusan SMA Jurusan IPS Bisa Masuk Akpol? Cek Jawabannya 

Periode pendaftaran program Kampus Mengajar Angkatan 7 sendiri dibuka pada 1 November 2023 mendatang.

Program ini membuka kesempatan untuk 30.000 mahasiswa yang akan terpilih. Nantinya, para pendaftar akan mengikuti berbagai rangkaian seleksi sebelum akhirnya bisa diterjunkan ke 3.000 target Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh Indonesia.

Syarat pendaftaran dan keuntungan Kampus Mengajar

Bagi mahasiswa yang ingin terlibat dalam program ini bisa melengkapi syarat untuk mendaftarkan program Kampus Mengajar:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Mahasiswa aktif baik akademik maupun vokasi
  • Berasal dari program studi yang terakreditasi pada PTN dan PTS di bawah naungan Kemendikbud Ristek
  • Berada di paling rendah semester 4 pada saat pelaksanaan program dengan IPK minimal 3.00;
  • Belum pernah ditetapkan sebagai peserta Program Kampus Mengajar angkatan sebelumnya
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Bersedia mengikuti, melaksanakan, dan menyelesaikan Program Kampus Mengajar hingga selesai.

Dilansir dari laman Pusat Informasi Kampus Merdeka, mahasiswa yang berhasil lolos  mengikuti program Kampus Mengajar akan mendapatkan sejumlah benefit. Berikut rinciannya:

Bantuan Biaya Hidup (BBH)

BBH sebesar Rp 1.200.000 per bulan ditransfer langsung ke rekening mahasiswa peserta Program Kampus Mengajar dalam dua termin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com