Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

106 Mahasiswa PGSD USD Ikut Asistensi Mengajar di Daerah 3T dan Magang

Kompas.com - 24/08/2023, 08:43 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Selama 3 bulan ke depan, sebanyak 106 mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Sanata Dharma USD menjalankan pembelajaran di luar kampus.

Menariknya, mereka bakal melakukan asistensi mengajar di daerah 3T dan sekolah dengan kurikulum khas, serta magang di dunia industri.

Adapun program ini didukung oleh dana hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Kemendikbud Ristek.

Tentu, PGSD USD berkomitmen untuk memberikan pengalaman belajar seluas-luasnya bagi mahasiswa. Dengan harapan bisa mempersiapkan pendidik bidang Sekolah Dasar yang berkualitas.

Baca juga: 2 Prodi FKIP USD Ini Raih Akreditasi Unggul dari Lamdik

Komitmen ini semakin nyata dengan kesempatan memenangkan hibah PKKM 2023 yang menjadi sarana untuk saling belajar antara guru, dosen, masyarakat dan mahasiswa.

Kaprodi PGSD Kintan Limiansih, M.Pd., mengatakan, dalam pelaksanaan PKKM Prodi PGSD, berfokus pada tiga hal, yakni:

  • Pertama, asistensi mengajar dan meneliti di daerah 3T, yaitu Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur dan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.
  • Kedua, asistensi mengajar di sekolah nasional plus atau berkurikulum khas.
  • Ketiga magang di dunia usaha dan industri serta sekolah-sekolah inovatif.

Ia juga menyampaikan bahwa persiapan dilakukan secara intensif, tak hanya bagi mahasiswa, tapi juga bagi dosen yang mendampingi.

"Para dosen pendamping disiapkan dalam serangkaian ruang diskusi bersama dengan mitra, diantaranya Etnopedagogi dalam pembelajaran dan Analisis Sosial bersama pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu dan Mentawai," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (23/8/2023).

Sedangkan bagi mahasiswa, proses persiapan berupa workshop tentang pengembangan kurikulum alternatif (Montessori, PYP, IPC), penguatan literasi dasar di SD, kurukulum merdeka, serta international mindedness.

"Khusus bagi mahasiswa yang melakukan magang di dunia industri, mahasiswa belajar penggunaan media digital untuk pembuatan dan publikasi produk," imbuhnya.

Para mahasiswa PGSD USD yang ikut pembelajaran di luar kampus itu dimulai pada 14 Agustus – 11 November 2023.

Untuk proses pemberangkatan mahasiswa dilakukan pada 4 Agustus 2023 secara hybrid oleh Drs. T. Sarkim, M.Ed., Ph.D selaku dekan FKIP USD.

Baca juga: USD-Binus Adakan MES 2023, Asah Keterampilan Mahasiswa Berbisnis

Tentunya, melalui kesempatan belajar di luar kampus ini, para mahasiswa diharapkan dapat mempersiapkan dirinya menjadi pendidik bidang Sekolah Dasar yang berkualitas.

"Semoga dari kesempatan ini menjadikan mereka lulusan yang tangguh, cepat beradaptasi, senang belajar, dan memiliki kompetensi yang khas," harap Kintan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com