Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Sekolah Kedinasan di Makassar, Poltekpel-Poltekbang Milik Kemenhub

Kompas.com - 23/08/2023, 17:31 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sekolah kedinasan tersebar di berbagai pelosok Indonesia, termasuk di Makassar, Sulawesi Selatan.

Sehingga siswa SMA sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan tidak perlu jauh-jauh meninggalkan Makassar, Sulawesi Selatan.

Setidaknya ada enam sekolah kedinasan yang berada di Makassar, Sulawesi Selatan.

Namun perlu diketahui bahwa sekolah kedinasan biasanya ada yang berstatus ikatan dinas atau bisa langsung bekerja menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di instansi atau kementerian yang menaungi sekolah kedinasan tersebut.

Namun ada juga sekolah kedinasan yang tidak berstatus ikatan dinas. Sehingga setelah lulus, para siswa bisa bekerja di industri yang sesuai dengan bidang ilmunya.

Dilansir dari laman masing-masing sekolah kedinasan, Rabu (23/8/2023) berikut sekolah kedinasan yang berada di Makassar.

Baca juga: 8 Sekolah Kedinasan di Pulau Sumatera, 5 di Antaranya Milik Kemenhub

1. Politeknik Penerbangan Makassar (Poltekbang Makassar)

Poltekbang Makassar adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang menyelenggarakan pendidikan berbasis vokasi dan akademik dalam bidang teknik dan keselamatan penerbangan.

Kampus Poltekbang Makassar ada dua yakni Kampus 1 di Jalan poros Makassar-Maros Maccopa, Kelurahan Bontoa Kecamatan Maros, Sulawesi Selatan-Indonesia.

Dan Kampus 2 di Jalan Salodong, Kelurahan Untia Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Poltekbang Makassar punya Program Studi Teknologi Pemeliharaan Pesawat Udara, Management Lalu Lintas Udara, Teknologi Bandar Udara dan Teknologi Navigasi Udara.

2. Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar (PIP Makassar)

Satu lagi sekolah kedinasan milik Kemenhub yang berada di Makassar, yakni Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.

PIP Makassar adalah perguruan tinggi di bawah Kementerian Perhubungan yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang menerapkan pengelolaan Keuangan BLU secara penuh.

PIP Makassar punya dua kampus yakni Kampus Utama di Jalan Tentara Pelajar Nomor 173 Makassar, 90172. Serta ada Kampus II di Jalan Salodong, Untia, Biringkanaya, Makassar, Sulawesi Selatan, 90241.

PIP Makassar menyediakan Program Studi Nautika, Teknika, Ketatalaksaanaan dan Kepelabuhan (KALK).

3. Politeknik Pelayaran Barombong (Poltekpel Barombong)

Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Barombong merupakan perguruan tinggi negeri di lingkungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com