Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Sekolah Kedinasan di Yogyakarta, Mulai dari AAU hingga STPN

Kompas.com - 13/08/2023, 06:50 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahukah para siswa bahwa di Yogyakarta juga terdapat beberapa sekolah kedinasan lho.

Sekolah kedinasan yang ada di Yogyakarta ini ada yang bersifat ikatan dinas, tapi ada pula yang berstatus non-ikatan dinas.

Meski tidak ada ikatan dinas, tapi setelah lulus tetap saja ilmu yang dimiliki selama mengenyam pendidikan di sekolah kedinasan ini banyak dibutuhkan dunia kerja.

Merangkum dari masing-masing laman resminya, berikut sekolah kedinasan yang ada di Yogyakarta beserta alamatnya hingga program studi (prodi) yang tersedia.

Baca juga: 6 Sekolah Kedinasan di Jawa Timur, Ada Incaranmu?

Siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan yang ada di Yogyakarta perlu tahu informasi ini sebagai bahan pertimbangan saat akan mendaftar kelak.

1. Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia

Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir) merupakan perguruan tinggi vokasi dibidang nuklir di bawah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Kampus ini berada di Jalan Babarsari POB 6101 YKBB Yogyakarta Indonesia 55281. Poltek Nuklir merupakan perubahan bentuk yang ketiga dari perjalanan kelembagaan sebuah perguruan tinggi yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan sumber daya manusia yang terdidik dan profesional di bidang teknologi nuklir.

Perguruan Tinggi Diploma IV ini menyelenggarakan 3 (tiga) Program Studi yaitu Teknokimia Nuklir, Elektronika Instrumentasi dan,Elektro Mekanika, dengan gelar Sarjana Terapan Teknik (STr.T).

2. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN)

STPN merupakan sekolah kedinasan yang merupakan milik Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

STPN berada di Jalan Tata Bhumi No. 5, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta, 55293. Meski berstatus bukan ikatan dinas, namun siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di STPN tetap banyak.

Karena prospek kerja lulusan STPN tetap menjanjikan. Prodi yang tersedia di STPN. STPN punya dua program studi yakni Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral (PPK) dan prodi D4 Pertanahan.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui Sistem Penerimaan Taruna Baru pada link penerimaan.stpn.ac.id.


Baca juga: Apa Saja Sekolah Kedinasan yang Menerima Lulusan SMK? Simak Infonya

3. Politeknik ATK Yogyakarta

Politeknik ATK Yogyakarta merupakan perguran tinggi vokasi di lingkungan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Politeknik ATK berlokasi di Tarudan, Bangunharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188.

Politeknik ATK merupakan lembaga pendidikan tinggi Negeri satu-satunya di Indonesia yang khusus mempelajari tentang teknologi kulit, karet, plastik dan produk turunannya seperti tas, sepatu, dan busana.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com