Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Sekolah Kedinasan di Jawa Timur, Ada Incaranmu?

Kompas.com - 06/08/2023, 11:10 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada beberapa sekolah kedinasan di Jawa Timur yang bisa kamu pilih. Empat sekolah kedinasan di Jawa Timur merupakan milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan menjadi salah satu alternatif terbaik. Pasalnya sekolah kedinasan bisa memberikan sejumlah keuntungan seperti sekolah gratis hingga bisa menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) setelah menyelesaikan studi.

Namun tidak semua sekolah kedinasan berstatus ikatan dinas lho. Mesti ada sekolah kedinasan ada yang tidak berstatus ikatan dinas, namun prospek kerja lulusan sekolah kedinasan masih punya prospek kerja yang terbuka lebar.

Dilansir dari masing-masing laman sekolah kedinasan, Minggu (6/8/2023) berikut sekolah kedinasan yang ada di Jawa Timur.

Informasi ini bisa menjadi informasi bagi siswa yang kelak ingin melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan yang berada di Jawa Timur.

Baca juga: Apa Saja Sekolah Kedinasan yang Menerima Lulusan SMK? Simak Infonya

Sekolah kedinasan yang berada di Jawa Timur

1. Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surabaya (Poltekkes Kemenkes Surabaya)

Poltekkes Kemenkes Surabaya merupakan perguruan tinggi kedinasan yang dikelola oleh lembaga pemerintah. Tepatnya berada di bawah naungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kurang lebih terdapat 32 politeknik kesehatan yang tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya adalah Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surabaya.

Kampus ini berada Jalan Pucang Jajar Tengah Nomor 56, Kertajaya, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur 60282, Indonesia.

Poltekkes Kemenkes Surabaya punya beberapa prodi, yakni Keperawatan, Kebidanan, Kesehatan Lingkungan, Teknik Elektromedik, Keperawatan Gigi, Analis Kesehatan dan Gizi.

2. Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya

Poltekbang Surabaya merupakan salah satu sekolah kedinasan milik Kemenhub. Poltekbang Surabaya berada di Jalan Jemur Andayani I No. 73 Surabaya 60236.

Poltekbang Surabaya merupakan sekolah kedinasan yang bisa memfasilitasi lulusan SMA sederajat untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya di bidang aviasi di Indonesia.

Poltekbang Surabaya menyediakan Program Studi (Prodi) Lalu Lintas Udara, Komunikasi Penerbangan, Manajemen Transportasi Udara, Teknik Listrik Bandar Udara, Teknik Navigasi Udara, Teknik Bangunan dan Landasan, Teknik Pesawat Udara.

3. Akademi Angkatan Laut (AAL) Surabaya

Akademi Angkatan Laut (AAL) Surabaya berada di Bumimoro, Morokrembangan, Surabaya, Jawa Timur.

AAL Surabaya menyediakan sejumlah program studi diantaranya adalah Manajemen Logistik dan Keuangan Matra Laut, Manajemen Pertahanan Matra Laut, Manajemen Pertahanan Matra Laut Aspek Darat, Teknik Mesin Kapal Perang, serta Teknik Elektronika Kapal Perang.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik di Lampung Versi EduRank 2023, Hanya Ada 2 PTN

4. Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun

Sekolah kedinasan di Jawa Timur berikutnya adalah PPI Madiun. PPI Madiun berada di Jalan Tirta Raya, Kota Madiun, Jawa Timur.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com