Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alasan Mengajukan Beasiswa, Mahasiswa Cek

Kompas.com - 05/08/2023, 22:29 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mahasiswa yang membutuhkan bantuan biaya pendidikan, sangat bisa memanfaatkan beasiswa yang banyak tersedia.

Saat ini banyak sekali beasiswa baik dari pemerintah maupun instansi swasta yang bisa dimanfaatkan mahasiswa.

Biasanya masing-masing program beasiswa akan memberikan skema pembiayaan yang berbeda-beda.

Ada sejumlah alasan mahasiswa mengajukan beasiswa. Biasanya salah satu yang menjadi syarat yang diajukan pemberi beasiswa adalah karena mahasiswa dari keluarga kurang mampu atau mahasiswa berprestasi.

Baca juga: Pengumuman Beasiswa PMDSU 2023, Ini Benefit yang Diperoleh

5 alasan mengajukan beasiswa

Namun beasiswa tidak selalu soal kekurangan finansial. Tapi ada juga program beasiswa yang dapat membantu kamu untuk mengembangkan bakat dan skill juga.

Dilansir dari perusahaan Education Technology, Sevima, Sabtu (5/8/2023) ada beberapa alasan mengajukan beasiswa yang perlu kamu ketahui. Simak informasinya.

1. Keringanan biaya kuliah

Jika berhasil menjadi penerima beasiswa, kamu bisa mendapatkan keringanan biaya saat berkuliah. Terkadang ada juga beasiswa yang memberikan bantuan biaya pendidikan serta uang saku yang diberikan tiap bulan atau per tahun sekaligus.

2. Motivasi belajar tinggi

Dengan mengincar beasiswa tertentu, kamu akan merasakan motivasi belajar yang sangat tinggi. Kamu otomatis lebih rajin belajar agar bisa menggapai beasiswa incaranmu.

Baca juga: Ini Syarat Nilai Rapor dan Skor IQ untuk Daftar SMA Pradita Dirgantara

3. Mendapatkan pengalaman baru

Kalau kamu berhasil mendapatkan beasiswa, otomatis akan mendapatkan pengalaman baru. Beberapa beasiswa juga memberikan benefit seperti mentoring bersama profesional hingga mengikuti kelas untuk menambah skill tertentu.

4. Meningkatkan prospek karier

Para penerima beasiswa juga bisa membawamu ke kesempatan yang lebih baik. Melalui program beasiswa kamu akan lebih mudah memetakan karier kamu dengan seluruh pengalaman yang ada selama pelatihan beasiswa.

Karena ada juga program beasiswa juga yang memberikan kesempatan berkarier di perusahaan pemberi beasiswa.

5. Memperluas relasi

Kalau kamu berhasil menjadi penerima beasiswa, bakal mendapatkan banyak pengalaman. Salah satunya bisa memperluas relasi kamu.

Baca juga: Beasiswa S2 Gratis ke 9 Negara, Tanpa Syarat IPK dan Gratis Akomodasi

Demikian alasan mengajukan beasiswa yang perlu diketahui mahasiswa. Sehingga selain bisa membantumu mendapatkan keringanan biaya pendidikan juga ada sejumlah benefit lain yang jadi alasan mengajukan beasiswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com