Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benefit Beasiswa Unggulan 2023 Kemendikbud Ristek, Dibuka 3 Agustus

Kompas.com - 02/08/2023, 19:05 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Benefit Beasiswa Unggulan 2023 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) tentu ingin diketahui siapa saja yang mau mendaftar beasiswa ini.

Kamu harus mulai mempersiapkan semua syaratnya karena beasiswa Unggulan 2023 Kemendikbud Ristek siap dibuka mulai 3 Agustus 2023.

Pengumuman pendaftaran beasiswa Unggulan 2023 Kemendikbud Ristek ini diumumkan melalui laman resmi https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/.

Dilansir dari laman lldikti5.kemdikbud.go.id, Rabu (2/8/2023) berikut benefit beasiswa Unggulan Kemendikbud Ristek yang bisa diperoleh penerima beasiswa tersebut:

Baca juga: Beasiswa Sang Surya 2023 bagi Mahasiswa, Bantuan Biaya Hidup Rp 3 Juta

Benefit beasiswa Unggulan 2023 Kemendikbud Ristek

1. Biaya Pendidikan

Beasiswa Unggulan Kemendikbud menanggung seluruh biaya pendidikan selama kuliah. Uang Kuliah Tunggal (UKT) di perguruan tinggi negeri (PTN) atau SPP di pergruuan tinggi swasta (PTS) akan dibayar penuh.

2. Biaya Hidup

Penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud berhak atas bantuan biaya hidup selama kuliah. Untuk jenjang S1, bantuan ini mencapai Rp 1,4 juta per bulan (tahun 2020).

3. Biaya Buku

Penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud juga berhak atas bantuan pengadaan buku selama kuliah. Perlu dicatat, biaya buku yang dimaksud di sini tidak mencakup biaya penelitian.

Untuk besaran uang kuliah/SPP disesuaikan dari masing-masing mahasiswa penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud Ristek. Sedangkan untuk uang buku dan biaya hidup antar-mahasiswa mendapat besaran yang sama.

Dilansir dari laman resmi Beasiswa Unggulan Kemendikbud, Rabu (2/8/2023) beasiswa Unggulan 2023 Kemendikbud Ristek terbuka bagi mahasiswa S1, S2 dan S3 berprestasi baik dari PTN maupun PTS, termasuk juga bagi pegawai dari Kemendikbud Ristek.

Beasiswa ini terdiri dari beasiswa bergelar (degree) dan non-gelar (non-degree). Beasiswa bergelar terdiri dari Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3).

Baca juga: Beasiswa S2 Gratis ke 9 Negara, Tanpa Syarat IPK dan Gratis Akomodasi

Komponen Beasiswa Unggulan pada tahun 2022 Kemendikbud Ristek kategori masyarakat berprestasi jenjang S1, S2, S3 meliputi:

  • Biaya pendidikan
  • Biaya hidup
  • Biaya buku.

Sedangkan komponen beasiswa Pegawai Kemendikbud Ristek jenjang S2 dan S3 meliputi:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com