Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Beasiswa Unggulan 2023 Bisa untuk Maba? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 04/08/2023, 11:29 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran beasiswa Unggulan 2023 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) masih terbuka hingga 17 Agustus 2023 mendatang.

Seiring dibukanya masa pendaftaran, muncul pertanyaan apakah beasiswa Unggulan 2023 ini bisa untuk mahasiswa baru (maba)?

Beasiswa Unggulan 2023 Kemendikbud Ristek ini bisa dimanfaatkan untuk melanjutkan pendidikan S1 hingga S3 secara gratis.

Dilansir dari Panduan Beasiswa Unggulan 2023 Kemendikbud Ristek, Jumat (4/8/2023) pada penjelasan mengenai syarat khusus disampaikan jawaban dari pertanyaan apakah beasiswa Unggulan 2023 bisa untuk maba.

Baca juga: Benefit Beasiswa Unggulan 2023 Kemendikbud Ristek, Dibuka 3 Agustus

Beasiswa Unggulan 2023 bisa untuk maba

Salah satu poin persyaratan khusus bagi pendaftar beasiswa program Sarjana (S1) dijelaskan bahwa pendaftar bisa dari lulusan pendidikan menengah yang lulus pada tahun berjalan atau
maksimal lulus 2 (dua) tahun sebelumnya.

Selain itu, pendaftar beasiswa S1 juga wajib memiliki surat penerimaan/keterangan lulus/Letter of Acceptance (LoA) Unconditional dari perguruan tinggi bagi mahasiswa baru.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa beasiswa Unggulan 2023 ini bisa dimanfaatkan maba (mahasiswa baru) asal sudah mendapatkan surat diterima di perguruan tinggi.

Selain bisa untuk maba, beasiswa Unggulan juga bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa on-going lho.

Hal tersebut juga dijelaskan dalam persyaratan khusus bagi pendaftar beasiswa program Sarjana (S1).

Baca juga: 18 Beasiswa S1-S3 Luar Negeri Sepi Peminat, tapi Uang Saku Besar

Beasiswa Unggulan 2023 juga bisa untuk mahasiswa on-going

Bagi mahasiswa on-going program sarjana (S1), yang sudah memulai perkuliahan maksimal sedang berada di semester 3 atau memiliki bukti KHS maksimal semester 2 dan memiliki nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling rendah 3,25 (tiga koma dua lima) pada skala 4 (empat).

Setelah mengetahui jawaban apakah beasiswa Unggulan bisa untuk maba, kamu juga perlu mengetahui jenis-jenis beasiswa Unggulan 2023 Kemendikbud.

Ada 4 jenis Beasiswa Unggulan 2023 yang bisa dicoba sesuai dengan persyaratan yang bisa dipenuhi oleh pelamar.

Dikutip dari laman Beasiswa Unggulan, berikut ini jenis beasiswa Unggulan 2023 yang bisa dipilih mahasiswa:

1. Beasiswa Masyarakat Berprestasi

Salah satu Beasiswa Unggulan ini termasuk yang paling populer bagi mahasiswa S1 dan S3. Jenis beasiswa Unggulan 2023 bagi masyarakat berprestasi ini bisa dimanfaatkan masyarakat umum yang memiliki prestasi nasional, internasional.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com